Pengaruh Reationship Marketing Terhadap Kepuasan Siswa Kursus Pada On Air Broadcasting School (OABS) Kota Malang

Nurmilasari, KikiMeiriyanti (2011) Pengaruh Reationship Marketing Terhadap Kepuasan Siswa Kursus Pada On Air Broadcasting School (OABS) Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing yang terdiri empat variabel, yaitu : (1) kepercayaan, (2) komitmen, (3) komunikasi dan (4) penyelesaian masalah terhadap kepuasan siswa kursus pada On Air Broadcasting School (OABS). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan digunakan analisis regresi dengan metode analisa Uji t dan Uji F. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research . Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 68 siswa kursus pada On Air Broadcasting School (OABS). Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh karena mengambil sampel dari keseluruhan populasi. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Untuk menganalisis data digunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel kepercayaan (X 1 ), komitmen (X 2 ), komunikasi (X 3 ), dan penyelesaian masalah (X 4 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y) dengan signifikasi sebesar 0,000 dengan koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,684 (68,4%). Secara parsial, kepercayaan (X 1 ), komunikasi (X 3 ), dan penyelesaian masalah (X 4 ) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan signifikan masing-masing variabel sebesar X 1 (0,012 < 0,05), X 3 (0,000 < 0,05) dan X 4 (0,041 < 0,05). Sedangkan untuk variabel komitmen (X 2 ) diketahui bahwa nilai t hitung < t tabel (1,235 < 1,998) dan nilai sig > α (0,221 > 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X 2 terhadap variabel Y. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan yaitu variabel komunikasi (X 3 ). Hal ini dibuktikan dari nilai beta pada hasil uji t yang mempunyai koefisien terbesar adalah variabel komunikasi (X 3 ) yaitu sebesar 0,392. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keempat variabel bebas yaitu kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penyelesaian masalah secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan siswa kursus pada On Air Broadcasting School (OABS). Variabel komunikasi (X 3 ) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan siswa kursus pada On Air Broadcasting School (OABS).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/158/051101569
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 12 May 2011 13:46
Last Modified: 18 Oct 2021 20:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105180
[thumbnail of 051101569.pdf] Text
051101569.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (33kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (14kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (3kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item