Efektifitas Dana Bergulir PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri Terhadap Pengentasan Kemiskinan : Studi Kasus Kelurahan Tlogomas Kota Malang

Pradikta, TantraArdy (2011) Efektifitas Dana Bergulir PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri Terhadap Pengentasan Kemiskinan : Studi Kasus Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada umumnya di negara berkembang masalah pendapatan yang rendah dan kemiskinan merupakan masalah utama dalam pembangunan ekonomi. Negara yang sedang berkembang dengan segala keterbatasannya dalam kualitas sumber daya manusia, juga diperburuk oleh kurangnya produktivitas, investasi dan rendahnya pendapatan negara dan masyarakat. Hal ini mengakibatkan pembangunan yang akan dilakukan akan menjadi kurang maksimal. Di negara kita, kemiskinan merupakan salah satu masalah sosial yang mendasar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia. Kemiskinan bukan hanya di pedesaan saja, akan tetapi di perkotaan juga telah menjadi permasalahan yang serius. Oleh karena itu, penulis mencoba menganalisis tingkat efektifitas program pemerintah PNPM Mandiri Perkotaan di Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Pada penelitian ini, dapat diketahui bahwa PNPM Mandiri Perkotaan adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan melalui program pemberdayaan masyarakat. Kelurahan Tlogomas merupakan salah satu kelurahan dengan kinerja PNPM Mandiri yang sangat baik di kota Malang, bahkan menurut BKBPM (Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat) Malang, PNPM Mandiri Kelurahan Tlogomas adalah salah satu dari yang terbaik di Jawa Timur. Dana PNPM diberikan kepada para penerima dana untuk pengembangan usaha mereka. Penerima dana bantuan PNPM Mandiri ternyata dapat meningkatkan pendapatan mereka masing-masing dengan cara mengalokasikan pinjaman tersebut untuk keperluan usaha mereka. Peningkatan pendapatan tersebut dipicu oleh beberapa faktor yang di antaranya adalah (1) adanya ekspansi usaha, (2) perputaran modal yang efisien, dan (3) lokasi yang strategis. Dari hasil analisis yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa dana bergulir dari PNPM Mandiri mempunyai peran penting untuk membantu meningkatkan pendapatan masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian di lapangan, pendapatan responden meningkat setelah mendapatkan dana bantuan PNPM, yang pada akhirnya dapat meningkatkan taraf hidup mereka. Dengan adanya peningkatan pendapatan tersebut, mengakibatkan penurunan angka kemiskinan pada masyarakat penerima dana bantuan di Kelurahan Tlogomas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/143/051100980
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2011 10:08
Last Modified: 18 Oct 2021 19:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105165
[thumbnail of 051100980.pdf]
Preview
Text
051100980.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item