Analisis Sistem Pengendalian Internal Pada Siklus Persediaan Bahan Baku : Studi Kasus Pada Pt Indomarine Divisi Boiler Singosari

Puspitasari, Fitria (2011) Analisis Sistem Pengendalian Internal Pada Siklus Persediaan Bahan Baku : Studi Kasus Pada Pt Indomarine Divisi Boiler Singosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi atas sistem pengendalian internal (SPI) atas siklus persediaan bahan baku pada PT Indomarine Divisi Boiler Singosari. PT. Indomarine merupakan perusahaan manufaktur dengan berbagai macam persediaan bahan baku. Dalam siklus persediaan bahan baku terdapat beberapa prosedur yang rentan akan resiko kecurangan. Evaluasi terhadap SPI dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara, pengumpulan dokumen, dan pengamatan. Gambaran ini kemudian dievaluasi dan dianalisis yang kemudian diberikan alternatif solusi terhadap permasalahan yang muncul. Analisa yang digunakan berdasarkan Committee Of Sponsoring Organization (COSO), yaitu analisa lingkungan pengendalian, penaksiran resiko, analisa aktivitas pengendalian, analisa informasi dan komunikasi, dan analisa pemonitoran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara garis besar perusahaan telah memiliki sistem pengendalian internal yang baik. Akan tetapi ada beberapa kendala yang dialami perusahaan antara lain penyimpanan persediaan dalam gudang yang hanya dapat dibuka oleh satu orang, Pemantauan yang dilakukan oleh perusahaan selama ini hanyalah menggunakan jasa Auditor Eksternal, perusahaan ini belum memiliki software khusus untuk pencatatan persediaan dimana persediaan pada perusahaan ini hampir mencapai 2000 jenis bahan baku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/140/051100986
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2011 10:53
Last Modified: 18 Oct 2021 19:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105162
[thumbnail of 051100986.pdf]
Preview
Text
051100986.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item