Analisis Pengaruh Pengumuman Penurunan Peringkat Utang Yunani Oleh Standard And Poor's Terhadap Reaksi Pasar Modal Indonesia Pada Saham-Saham LQ-45 (Event Study Krisis Keuangan Yunani Pada Tahun 2010)

DavidRickardoGultom (2011) Analisis Pengaruh Pengumuman Penurunan Peringkat Utang Yunani Oleh Standard And Poor's Terhadap Reaksi Pasar Modal Indonesia Pada Saham-Saham LQ-45 (Event Study Krisis Keuangan Yunani Pada Tahun 2010). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada 28 April 2010, lembaga pemeringkat Standard and Poors yang berkedudukan di Amerika menurunkan ( downgrade ) peringkat utang Yunani ke status peringkat non-investasi ( junk bonds) . Peristiwa pengumuman penurunan peringkat utang Yunani menimbulkan kepanikan di kalangan investor di dunia. Sikap panik investor tercermin dengan adanya penjualan saham besar-besaran ( panic selling ) yang sangat merugikan yang mengakibatkan seluruh bursa saham dunia mengalami penurunan hampir secara bersamaan termasuk di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian e vent study. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini mempelajari reaksi pasar terhadap suatu peristiwa ( event ) yang informasinya dipublikasikan sebagai suatu pengumuman (dalam penelitian ini peristiwa pengumuman penurunan peringkat utang Yunani oleh Standard and Poors). Penelitian ini menggunakan data saham LQ-45, dimana saham LQ-45 merupakan golongan saham yang memiliki kapitalisasi besar serta memiliki kinerja yang bagus sehingga dianggap mampu merepresentasikan kondisi pasar modal. Kriteria sampel dalam penelitian ini adalah saham-saham yang konsisten masuk kategori saham LQ-45 periode 1 Agustus 2009 s.d. 31 Januari 2010 dan 1 Februari 2010 s.d. 31 Juli 2010 serta sahamnya aktif diperdagangkan selama periode pengamatan. Periode penelitian yang digunakan selama 114 hari bursa, yang meliputi periode estimasi ( estimated period ) selama 100 hari bursa dan periode jendela ( window period ) selama 14 hari bursa yaitu 7 hari sebelum peristiwa ( pre-event ) dan 7 hari sesudah peristiwa ( post-event ). Hasil pengujian hipotesis I menunjukkan bahwa peristiwa pengumuman penurunan peringkat utang Yunani oleh Standard and Poors menghasilkan abnormal return bagi investor dimana terdapat perubahan harga saham secara signifikan pada saham-saham LQ-45. Hasil pengujian hipotesis II menunjukkan bahwa rata-rata abnormal return (AAR) saham tidak berbeda secara signifikan sebelum dan sesudah peristiwa. Hasil pengujian hipotesis III menunjukkan bahwa rata-rata trading volume activity (ATVA) saham tidak berbeda secara signifikan sebelum dan sesudah peristiwa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/14/ 051100531
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Mar 2011 14:46
Last Modified: 24 Mar 2011 14:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105161
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item