Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi deviden payout ratio : Studi Kasus Pada Kelompok Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI

Prabowo, BintarAndhy (2011) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi deviden payout ratio : Studi Kasus Pada Kelompok Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada dasarnya dividend yang dibayarkan kepada para pemegang saham tergantung kepada kebijakan masing-masing perusahaan, sehingga memerlukan pertimbangan yang lebih serius dari manajemen perusahaan. Kebijakan atau keputusan dividend pada hakikatnya adalah menentukan porsi keuntungan yang akan dibagikan kepada para pemegang saham, dan yang akan ditahan sebagai bagian dari laba ditahan. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah pertama, untuk mengetahui faktor posisi kas, potensi pertumbuhan, size perusahaan, rasio hutang dan modal, profitabilitas dan tax rate berpengaruh terhadap dividend payout ratio. Kedua, untuk mengetahui variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap dividend payout ratio. Dari hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor potensi pertumbuhan, rasio hutang dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio pada perusahaan manufaktur yang terdaftardi BEI. Adapun rasio yang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap dividend payout ratio pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI yaitu meliputi: posisi kas, size perusahaan dan tax rate. Berdasarkan hasil koefisien regresi ( β ) masing-masing faktor posisi kas, potensi pertumbuhan, size perusahaan, rasio hutang dan modal, profitabilitas dan tax rate dapat diketahui bahwa profitabilitas mempunyai pengaruh dominan terhadap dividend payout ratio pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Hal tersebut dikarenakan koefisien regresi (Standardized Coefficients Beta) pada variabel tersebut mempunyai nilai terbesar jika dibandingkan dengan ketiga variabel yang lain yaitu sebesar 0,810.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/103/051100841
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2011 10:24
Last Modified: 18 Oct 2021 09:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105121
[thumbnail of 051100841.pdf]
Preview
Text
051100841.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item