RizkyAdityaPutra (2011) Strategi Pemasaran Pada Mahodenk Clothing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar belakang penulisan ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh Mahodek Clothing yang terdiri atas segmentasi pasar, identifikasi pasar sasaran, positioning, dan elemen bauran pemasaran pada Mahodenk Clothing. Jenis penulisan ini merupakan jenis penulisan kualitatif deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai suatu fenomena yang terjadi. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Objek penulisan ini ini meliputi strategi pemasaran yang diterapkan oleh Mahodenk Clothing yang dikaji melalui data yang diperoleh secara langsung dari lokasi dan situs penelitian, dalam hal ini data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan beberapa informan, yaitu Owner Mahodenk Clothing (Rizky Aditya Putra) dan Karyawan Mahodenk Clothing. Sumber data sekunder, yaitu fakta yang secara tidak langsung diperoleh melalui dokumen, laporan, arsip, literatur, dan internet. Pembahasan strategi pemasaran pada mahodenk Clothing adalah Segmentasi pasar berdasarkan geografis pada Mahodenk Clothing saat ini baru terfokus pada provinsi dan kota tertentu yaitu Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Jakarta dan pada kota-kota tertentu di Jawa Timur terutama kota Malang. Segmentasi pasar berdasarkan demografis pada Mahodenk Clothing yaitu untuk para pelajar (SMP, SMA, dan Mahasiswa) dan masyarakat umum dari usia 12 - 27 tahun. Segmentasi pasar berdasarkan psikografis pada Mahodenk Clothing yaitu untuk para pembeli yang memiliki gaya hidup yang trend dengan memperhatikan desain baju yang sangat eksklusif baik berupa tulisan atau gambar yang memiliki makna lebih yang bisa menarik perhatian orang-orang muda yang selalu ingin tampil beda dan tertarik akan nilai-nilai budaya yang ada di Indonesia Segmentasi pasar berdasarkan perilaku pada Mahodenk Clothing yaitu respon yang cukup baik dari para konsumen Mahodenk Clothing terhadap keunikan produk Mahodenk Clothing salah satunya adalah tema yang dimiliki Mahodenk Clothing yaitu Indonesian Heros. Pasar sasaran yang dibidik oleh Mahodenk Clothing adalah masyarakat menengah keatas, para remaja usia 13-27 tahun, pelajar, dan mahasiswa. Positioning yang dilakukan oleh Mahodenk Clothing dibidang clothing dan spesialist clothing couple yang mengenalkan toko h Indonesian hero dengan design yang unik. Strategi Produk pada bauran pemasaran yang dilakukan Mahodenk Clothing yaitu: Tema Desain, bahan kualitas terbaik, Limited Edition , kualitas Sablon yang terbaik. Saluran distribusi produk Mahodenk Clothing juga hanya terbatas pada daerah Malang, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah. Metode Penetapan Harga yang dilakukan Mahodenk Clothing adal a h Perceived-Value Pricing , dengan menyesuaikan dengan harga produk Clothing di Distro ternama. Promosi yang telah dilakukan oleh Mahodenk Clothing adalah Promosi penjualan, Iklan, dan Personal Selling.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2011/1/ 051100518 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 24 Mar 2011 14:19 |
Last Modified: | 24 Mar 2011 14:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |