AninaSukmajati (2010) Analisis Pengaruh Variabel Price Perception, User Dan Usage Image, Brand Feelings, Dan Brand Personality Terhadap Brand Preference Pengguna Produk Maybelline. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kosmetik saat ini merupakan kebutuhan utama kaum wanita, dimana pada saat ini beragam profesi sudah digeluti kaum wanita. Beragam produk pun ditawarkan para produsen kosmetik untuk memenuhi kebutuhan kaum wanita. Pasar kosmetik dunai terutama Amerika dan Eropa pun semakin berkembang, hal ini disebabkan semakin majunya teknologi pembuatan kosmetik, bergesernya norma social, penawaran dengan harga rendah, dan kemakmuran kaum wanita. Diantara berbagai merek kosmetik yang mengglobal, Maybelline sudah tidak asing lagi di kalangan kaum wanita, dapat dikatakan merek Maybelline sudah mengglobal. Kesuksesan Maybelline sebagai salah satu merek kosmetik yang telah mengglobal tidak lain dikarenakan karena brand yang melekat pada produknya. Salah satu asosiasi merek yang melakat pada sebuah brand adalah non-related product brand association, dimana asosiasi yang melakat tiak berhubungan dengan produk namun pada hal-hal lain diluar produk, seperti price perception, brand feelings, user dan usage image, dan brand personality. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh brand feelings, price perception, dan usage image secara simultan terhadap brand preference konsumen produk Maybelline. (2) Mengetahui pengaruh brand feelings, price perception, dan usage image secara parsial terhadap brand preference konsumen produk Maybelline. (3) Mengetahui variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi brand preference konsumen produk Maybelline. dan (4) Mengetahui brand personality dan user image Maybelline menurut perspektif pengguna produk. Penelitian ini termasuk penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Penelitian survey dibatasi pada penelitian yang datanya dikumpulkan dari sampel atau populasi untuk mewakili seluruh populasi. enis penelitian survey yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (eksplanatory research), yaitu penelitian yang menjelaskan hubugan klasual antara variabel-variabel yang saling terkait melalui pengujian hipotesa. Pada penelitian ini variabel yang dianalisis melalui analisis regresi linear berganda hanyalah variabel price perception, usage image, dan brand feelings. Sedangkan dua variabel lainnya dianlisis melalui analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah secara simultan ketiga variabel yang diteliti (Price perception, usage image, dan brand feelings) terbukti secara signifikan mempengaruhi brand preference konsumen pengguna produk Maybelline. Sedangkan variabel yang secara parsial mempengaruhi dan secara dominan mempengaruhi adalah variabel brand feelings.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2010/95/051000564 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 12 Mar 2010 09:12 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 09:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105109 |
Preview |
Text
051000564.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |