AnalisisPertumbuhandanKesenjanganEkonomiantarKabupaten/Kotadi ProvinsiJambi(PeriodeTahun2004–2008)

BonnyAdam (2010) AnalisisPertumbuhandanKesenjanganEkonomiantarKabupaten/Kotadi ProvinsiJambi(PeriodeTahun2004–2008). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Studi ini mengeksplorasi tren disparitas regional dan pertumbuhan ekonomi antar wilayah dan kota di Provinsi Jambi. Penelitian ini berfokus pada pengaruh pertumbuhan ekonomi dan disparitas pendapatan terhadap kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari BPS Jambi 2004 – 2008. Data utama adalah jumlah penduduk per wilayah dan kota dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) wilayah, kota, dan Provinsi. Alat analisis terdiri dari Lokasi Basis Hasil Bagi, Rasio Pertumbuhan, Analisis Overlay, Analisis Shift Share, Klassen Tipologi, dan Indeks Williamson. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kesejahteraan warga dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi dan kesenjangan pendapatan. Disparitas pendapatan antar daerah dan Kota-kota di Provinsi Jambi tergolong pada disparitas kisaran tinggi. Karena nilai rata-rata Indeks Williamson di Provinsi Jambi adalah (0,539). Dan dari semua basis sektor daerah dan kota, Provinsi Jambi masih didominasi oleh Sektor Primer (Pertanian dan Pertambangan). Dari sembilan wilayah dan dua kota, lima wilayah diklasifikasikan sebagai daerah tertinggal. Artinya Provinsi Jambi tergolong provinsi miskin di Indonesia

English Abstract

ThisstudyexploresthetrendofregionaldisparityandeconomicgrowthamongregionsandcitiesatJambiProvince.ThisstudyfocusedontheinfluenceofeconomicgrowthandincomedisparitytoJambiProvincecitizenprosperity.ThisstudyusedsecondarydatafromBPSJambi2004–2008.ThemaindataaresumofcitizensperregionsandcitiesandGrossDomesticRegionalProduct (GDRP)regions,cities,andProvince.ThetoolsofanalysisconsistofLocationQuotientBase,GrowthRatio,OverlayAnalysis,ShiftShareAnalysis,KlassenTypology,andWilliamsonsIndex. Basedonanalysisresultshowedthatthecitizenprosperityinfluencedbyeconomicgrowthandincomedisparity.TheincomedisparityamongregionsandcitiesatJambiProvinceareclassifiedtothehighrangedisparity.Because,theaveragevalueofWilliamsonsIndexatJambiProvinceare(0.539).Andfromallregionsandcitiessectorbase,JambiProvincestilldominatedbyPrimarySector(FarmsandMines).Fromnineregionsandtwocities,fiveregionsareclassifiedastheleftbehindregions.ItmeansJambiProvinceclassifiedaspoorprovinceinIndonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/90/051000569
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Mar 2010 15:58
Last Modified: 02 Nov 2021 03:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105103
[thumbnail of 051000569.pdf]
Preview
Text
051000569.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item