Analisis Pengaruh Dana Dekonsentrasi dan Dana Tugas Pembantuan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia (Studi Tahun 2008 Triwulan I – Tahun 2009 Triwulan III).

FajrialshahAmarulHaq (2010) Analisis Pengaruh Dana Dekonsentrasi dan Dana Tugas Pembantuan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia (Studi Tahun 2008 Triwulan I – Tahun 2009 Triwulan III). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengeluaran Pemerintah Pusat yaitu dana dekonsentrasi dan dana tugas pembantuan terhadap perekonomian daerah yaitu pertumbuhan ekonomi Provinsi-Provinsi di Indonesia. Waktu penelitian selama kuartal I tahun 2008 sampai dengan kuartal III tahun 2009 pada 33 Provinsi di Indonesia. Hubungan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 berlandaskan atas tiga asas yaitu asas desentralisasi, dekonsentrasi dan tugas pembantuan yang didanai dengan dana desentraliasasi, dana dekonsentrasi dan dana tugas pembantuan. Adapun pengeluaran Pemerintah berdasarkan dana desentralisasi berupa transfer dana, berbeda dengan dana dekonsentrasi dan dana tugas pembantuan yang memang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Belanja Pemerintah Pusat melalui dana dekonsentrasi dan dana tugas pembantuan bertujuan untuk efesiensi dan efektivitas penyelenggaraan pembangunan di daerah. Sehingga ada hubungan secara langsung antara belanja Pemerintah Pusat melalui dana dekonsentrasi dan dana tugas pembantuan terhadap perekonomian di daerah, salah satu tolak ukur perekonomian tersebut adalah pertumbuhan ekonomi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa realiasasi dana dekonsentrasi dan dana tugas pembantuan kuartal I tahun 2008 s.d. kuartal III tahun 2009 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Secara statistik perhitungan penelitian ini menunjukan pengaruh dana dekonsentrasi dan dana tugas pembantuan sebesar 31% dengan tingkat kepercayaan 95%. Namun demikian bila diuji secara parsial dana tugas pembantuan tidak mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara signifikan, hal ini menunjukan kemungkinan realisasi dana tugas pembantuan belum mampu mengangkat pertumbuhan ekonomi. Secara garis besar penelitian ini telah menunjukan peran pengeluaran pemerintah pusat melalui dana dekonsentrasi dan dana tugas pembantuan terhadap perekonomian di daerah nyata-nyata telah meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Peran belanja Pemerintah Pusat di daerah atas asas dekonsentrasi dan asas tugas pembantuan masih menjadi pilihan Pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah walaupun tidak sebesar variabelvariabel lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/82/051000560
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Mar 2010 14:55
Last Modified: 18 Oct 2021 08:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105092
[thumbnail of 051000560.pdf]
Preview
Text
051000560.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item