Haris, Abdul (2011) Pengaruh Komponen Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kartu SimPATI di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu jalan untuk meraih keunggulan kompetisi berkelanjutan adalah dengan membentuk image merek yang baik di mata konsumen. Image merek yang baik secara emosional akan membentuk kepuasan dalam diri individu yang menghasilkan kesan kualitas (persepsi nilai yang dirasakan pelanggan atas mutu produk) terhadap suatu merek. SimPATI terkenal sebagai merek kartu seluler yang diakui memiliki kualitas dengan patokan harga yang relative lebih mahal dibandingkan dengan kartu seluler merek lain. Dari sini dapat dilihat bahwa SimPATI dalam menghadapi kompetisi dengan kompetitornya tidak dengan menawarkan harga yang lebih murah, namun lebih menjual kualitas dengan mengedepankan kekuatan merek yang dimilikinya, sehingga memberikan keyakinan kepada konsumen. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial komponen brand image yang terdiri dari variabel citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk terhadap keputusan pembelian kartu SimPATI. Untuk mengetahui pengaruh komponen brand image yang dominan terhadap keputusan pembelian kartu SimPATI. Hasil penelitian Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Citra pembuat, citra pemakai dan citra produk secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli kartu seluler merek SimPATI . Penelitian ini membuktikan program pengembangan dan perbaikan citra harus didasarkan pada realitas. Jika citra merefleksikan kinerja perusahaan maka konsumen akan lebih loyal terhadap merek produk tersebut. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Citra pembuat, citra pemakai dan citra produk secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli kartu seluler merek SimPATI . Citra terhadap merek berhubungan dengan sikap yang berupa keyakinan dan preferensi terhadap suatu merek, lebih memungkinkan untuk melakukan pembelian produk yang diinginkan. Hasil penelitian ini membuktikan citra produk mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli kartu seluler merek SimPATI . Penelitian ini membuktikan kualitas pelayanan yang dirasakan memenuhi citra atau melebihi citra produk, maka citra produk akan mendapatkan penguatan dan bahkan akan meningkat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2010/807/ 051104602 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 02 Jan 2012 11:48 |
Last Modified: | 02 Jan 2012 11:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |