Sistem Pengendalian Manajemen Pada Bagian Produksi Untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Perusahaan” (Studi Kasus pada PT. Karya Timur Prima Malang)

Triharto, Aditya (2011) Sistem Pengendalian Manajemen Pada Bagian Produksi Untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Perusahaan” (Studi Kasus pada PT. Karya Timur Prima Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini bersifat menjelaskan mengenai situasi serta keadaan yang terjadi, mengevaluasinya dan memberikan alternatif solusi terhadap permasalahan yang muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisa dan mengevaluasi sistem pengendalian manajemen bagian produksi pada PT. Karya Timur Prima Malang, serta mengetahui penyebabnya. Untuk mengetahui penyebab tersebut penulis menggunakan uji analisis varian. Sehingga diharapkan setelah mengetahui penyebabnya, perusahaan dapat mengantisipasi dan melaksanakan kegiatan produksi secara efektif dan efisien. Berdasarkan hasil evaluasi, PT. Karya Timur Prima Malang sebenarnya memiliki sistem pengendalian manajemen bagian produksi yang sudah cukup baik. Namun terdapat beberapa permasalahan seperti tidak memasukkan faktorfaktor eksternal dan kurangnya koordinasi dalam penyusunan anggaran produksi, tidak adanya bagian khusus quality control, kemudian tidak adanya evaluasi kinerja buruh karyawan, serta perusahaan tidak menganalisis selisih atau varian antara anggaran dengan realisasi. Hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kelemahan tersebut adalah dengan benar-benar membuat anggaran secara baik, pembenahan struktur organisasi serta dengan menganalisis dan mencari sebab varian yang ada antara anggaran dan realisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/802/ 051102934
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Aug 2011 09:53
Last Modified: 16 Aug 2011 09:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105083
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item