Pengaruh Jumlah Wajib Pajak Terdaftar, Surat Setoran Pajak, Tingkat Pencairan Tunggakan Pajak, dan Jumlah Penyelesaian Keberatan Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi (Studi Kasus Pada K

Anjani, HanestyDwi (2011) Pengaruh Jumlah Wajib Pajak Terdaftar, Surat Setoran Pajak, Tingkat Pencairan Tunggakan Pajak, dan Jumlah Penyelesaian Keberatan Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi (Studi Kasus Pada K. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ditinjau dari sistem keuangan negara, pajak mempunyai peranan penting sebagai sumber dana bagi anggaran negara. Bahkan dibeberapa negara diantaranya Indonesia, perolehan dana dari pajak merupakan mayoritas atau dominasi sebagai sumber penerimaan bagi negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi pajak penghasilan, dan untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi yang berkaitan dengan tujuan pertama menunjukkan bahwa variabel Jumlah Wajib Pajak Terdaftar, variabel Surat Setoran Pajak (SSP), variabel pencairan tunggakan pajak, dan variabel jumlah penyelesaian keberatan mempunyai arah positif dan signifikan terhadap tingkat penerimaan pajak penghasilan orang pribadi. Variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi penelitian ini adalah variabel jumlah penyelesaian keberatan, ini bisa dilihat dari hasil koefisien sebesar 153.242.534,275. Dengan demikian variabel jumlah penyelesaian keberatan merupakan variabel yang memberikan pengaruh yang besar terhadap penerimaan Pajak Penghasilan orang pribadi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel Jumlah Wajib Pajak Terdaftar, variabel Surat Setorean Pajak (SSP), variabel pencairan tunggakan, dan variabel jumlah penyelesaian keberatan mempunyai arah positif dan berpengaruh nyata, dan secara keseluruhan keempat variabel tersebut dapat menjelaskan tingkat penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi yaitu sebesar 73,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/799/ 051102619
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Aug 2011 08:53
Last Modified: 18 Aug 2011 08:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105079
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item