Pengaruh Fungsi Account Representative (AR) terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan (Survei Pada WP Badan di KPP Madya Malang)

Yunasha, Rielvinny (2011) Pengaruh Fungsi Account Representative (AR) terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan (Survei Pada WP Badan di KPP Madya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam APBN, penerimaan sektor pajak memberikan kontribusi terbesar dalam penerimaan dalam negeri. Pendapatan negara dari sektor pajak dapat mencapai sekitar 80% sehingga pajak dapat menopang, dan menunjang pembangunan nasional dan pembiayaan penyelenggaran pemerintah. Dalam prakteknya, Undang-undang pajak di Indonesia saat ini menganut sistem self assesement dalam melaksanakan pemungutan pajak. Sistem ini mengharuskan wajib pajak untuk aktif dalam hal menghitung, menyetor dan melaporkan pajaknya kepada Kantor Pelayanan Perpajakan (KPP), sedangkan fiskus hanya bertugas untuk memberikan penerangan dan pengawasan. Direktorat Jenderal Pajak telah melakukan terobosan untuk memberikan pelayanan prima (excellent service ) kepada wajib pajak sehingga wajib pajak mendapatkan berbagai kemudahan dalam melaksanakan kewajibannya salah satunya dalah dengan dibentuknya Kantor Pelayanan Pajak Modern dengan perantaranya dalah account representative yang fungsinya sebagai liaison officer antara KPP dengan Wajib Pajak. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa Wajib Pajak Badan merasakan sepenuhnya pengaruh fungsi account representative dalam proses pemenuhan kewajiban perpajakannya. Hasil untuk analisis regresi linier berganda variabel fungsi account representative yang terdiri dari edukasi, pendampingan dan pengawasan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepatuhan. Berdasarkan pengujian secara bersama-sama nilai signifikansi 0.000 atau lebih kecil daripada nilai probabilitas 0.05. Itu artinya, variabel edukasi (X1), pendampingan (X2), dan pengawasan (X3) mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap variabel Kepatuhan Wajib Pajak Badan. Dari nilai Adjusted R Square sebesar 0.523, artinya variabel independen edukasi, pendampingan, dan pengawasan memiliki nilai kontribusi sebesar 52,3 % terhadap kepatuhan Wajib Pajak Badan, sedangkan 47,7 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/772/ 051101754
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Apr 2011 10:14
Last Modified: 04 Apr 2011 10:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105051
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item