Pengaruh Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi Ditinjau Dari Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan (Survei Pada WPOP di KPP Prat

Dewi, SiskaJuwita (2011) Pengaruh Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi Ditinjau Dari Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan (Survei Pada WPOP di KPP Prat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan wajib pajak orang pribadi atas pelayanan di KPP Pratama Malang Selatan serta mengetahui pengaruhnya terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam melaksanakan kewajiban perpajakan. Kepuasan wajib pajak orang pribadi diukur dengan membandingkan nilai kualitas pelayanan yang diharapkan dengan nilai kualitas layanan yang dirasakan untuk setiap dimensi kualitas layanan yaitu keandalan ( reliability ), daya tanggap ( responsiveness ), jaminan ( assurance ), empati ( empathy ), dan bukti fisik ( tangible ). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar aktif di KPP Pratama Malang Selatan. Dari populasi tersebut peneliti menggunakan teknik sampling insidental dan menyaring populasi dengan kriteria wajib pajak orang pribadi yang menggunakan norma pencatatan dan mendapatkan 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis servqual dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis servqual menyatakan bahwa secara keseluruhan untuk semua dimensi kualitas pelayanan, wajib pajak orang pribadi belum puas dengan kualitas pelayanan di KPP Pratama Malang Selatan. Kemudian dari analisis regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa secara simultan, kepuasan dimensi keandalan, kepuasan dimensi daya tanggap, kepuasan dimensi jaminan, kepuasan dimensi empati, dan kepuasan dimensi bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam melaksanakan kewajiban perpajakan. Sedangkan secara parsial, kepuasan dimensi keandalan, kepuasan dimensi daya tanggap, dan kepuasan dimensi empati berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam melaksanakan kewajiban perpajakan, tetapi kepuasan dimensi jaminan dan kepuasan dimensi bukti fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam melaksanakan kewajiban perpajakan. Selain itu juga diketahui bahwa kepuasan dimensi empati adalah yang paling dominan pengaruhnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/763/ 051100745
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Mar 2011 14:19
Last Modified: 31 Mar 2011 14:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105041
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item