Pengaruh Atrubut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Seluler Blackberry Di Kota Malang

AbdulMalikKarimA (2010) Pengaruh Atrubut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Seluler Blackberry Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk yang terdiri dari mutu/kualitas, merek, fitur, desain, pelayanan dan jaminan terhadap keputusan pembelian telepon seluler Blackberry di Kota Malang, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas (atribut produk) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji t dan uji F. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan dan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 105 orang pengguna telepon seluler Blackberry di Kota Malang, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu tipe pemilihan sampal secara acak dengan menggunakan pertimbangan tertentu, uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji realibilitas, dan uji asumsi klasik, uji hipotesis menggunakan uji Fhitung dan thitung , untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi linear berganda dan uji asumsi klasik digunakan uji normalitas, uji multikorealitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel mutu/kualitas (X1), merek (X2), fitur (X3), desain (X4), pelayanan (X5) dan jaminan (X6) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan signifikansi 0,000 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,765 (76,5%), sedangkan secara parsial variabel mutu/kualitas, merek, fitur, desain, pelayanan dan jaminan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian telepon seluler Blackberry di Kota Malang dengan tingkat signifikansi masingmasing variabel sebesar : variabel mutu/kualitas 0,007, merek 0,013, fitur 0,017, desain 0,049, pelayanan 0,009 dan jaminan 0,044, variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen yaitu variabel mutu/kualitas dengan standardized coefficients beta sebesar 0,222. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keenam variabel bebas yaitu variabel mutu/kualitas (X1), merek (X2), fitur (X3), desain (X4), pelayanan (X5) dan jaminan (X6) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen telepon seluler Blackberry baik secara simultan maupun parsial dan variabel mutu/kualitas (X1) merupaka variabel yang dominan pengruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/744/051100239
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Feb 2011 13:29
Last Modified: 18 Oct 2021 08:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105020
[thumbnail of 051100239.pdf]
Preview
Text
051100239.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item