Analisis Lingkungan Sebagai Dasar Penetapan Strategi Suatu Perusahaan : Studi Kasus Pada PT. Bank Jabar Banten Cabang Cilegon

DeviMaretha (2011) Analisis Lingkungan Sebagai Dasar Penetapan Strategi Suatu Perusahaan : Studi Kasus Pada PT. Bank Jabar Banten Cabang Cilegon. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasari oleh sangat pentingnya manajemen strategi bagi perusahaan. Apalagi disaat kondisi lingkungan perusahaan berubah begitu pesat dan cepat, yang pastinya akan sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan dan sasaran perusahaan. Manajemen strategi merupakan suatu proses perencanaan strategis, dimana dalam merumuskan perencanaan strategis ini harus mampu mengidentifikasi serta melakukan analisis lingkungan baik lingkungan eksternal yang sulit diprediksi maupun internal perusahaan untuk mengetahui peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan. PT. Bank Jabar Banten Cabang Cilegon merupakan salah satu bentuk lembaga keuangan, pada dasarnya melaksanakan kegiatan usaha menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana yang terkumpul pada masyarakat yang membutuhkan serta memberikan jasa keuangan lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang lebih bersifat penjelasan terhadap situasi dan keadaan yang ada dan kemudian menginterpretasikannya. Oleh karena itu yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggambarkan dan juga menjelaskan kondisi internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhi manajemen strategi perusahaan. Alat analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalaah analisis SAP, ETOP, SWOT serta rasio keuangan. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh beberapa hasil, dari analisa internal dengan menggunakan SAP terdapat kekuatan yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk lebih dapat berkembang, selain itu juga terdapat kelemahan yang harus mendapat prioritas pembenahan oleh perusahaan. Sedangkan dari analisa eksternal dengan menggunakan ETOP terdapat peluang yang dapat diraih, selain itu juga terdapat ancaman yang harus diantisipasi oleh PT. Bank Jabar Banten Cabang Cilegon. Dari hasil tersebut, maka PT. Bank Jabar Banten Cabang Cilegon berada pada sel I (Agresif). Situasi ini menyarankan PT. Bank Jabar Banten Cabang Cilegon melakukan strategi yang berorientasi pada pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/737/051100232
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Feb 2011 11:10
Last Modified: 18 Oct 2021 07:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105013
[thumbnail of 051100232.pdf]
Preview
Text
051100232.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 051100232.pdf]
Preview
Text
051100232.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item