Pengaruh Atmospherics Toko dan Teman Berbelanja Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen di Hypermart Malang Town Square

PuteriPratiwi (2010) Pengaruh Atmospherics Toko dan Teman Berbelanja Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen di Hypermart Malang Town Square. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan Bisnis Ritel di Indonesia saat ini semakin pesat dan ketat dengan datangnya peritel asing berskala global. Keadaan seperti ini membuat para peritel merancang strategi pemasaran yang lebih baik salah satunya adalah dengan cara menciptakan lingkungan toko yang nyaman dan menyenangkan bagi pengunjung. Lingkungan dapat dibagi menjadi lingkungan fisik yaitu atmospherics toko dan lingkungan sosial yaitu teman berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh atmospherics toko dan teman berbelanja terhadap keputusan pembelian impulsif konsumen di Hypermart Malang Town Square, baik secara simultan maupun secara parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Sampel penelitian ini adalah 100 responden dari konsumen Hypermart Malang Town Square dengan menggunakan purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F dan Uji t. Dari analisis data menggunakan regresi linear berganda, didapatkan koefisien beta yang dapat menunjukkan variabel yang berpengaruh dominan. Dari hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa variabel atmospherics toko dan teman berbelanja secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif konsumen di Hypermart Malang Town Square. Variabel atmospherics toko dan teman berbelanja secara parsial memiliki pengaruh yang sinifikan terhadap keputusan pembelian impulsif konsumen di Hypermart Malang Town Square. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian impulsif konsumen di Hypermart Malang Town Square adalah variabel atmospherics toko.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/730/051100090
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2011 09:29
Last Modified: 18 Oct 2021 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105007
[thumbnail of 051100090.pdf]
Preview
Text
051100090.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item