Registers Yang Digunakan Oleh Layanan Pelanggan Dari PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di JNE Sumbersari 1

Palupi, Kuni Dyah (2017) Registers Yang Digunakan Oleh Layanan Pelanggan Dari PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di JNE Sumbersari 1. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu ciri khas manusia adalah mereka mempunyai bahasa dan menggunakannya untuk berkomunikasi. Sebagai makhluk sosial, komunikasi adalah cara yang sangat penting untuk membentuk suatu kelompok masyarakat. Masyarakat membentuk kelompok-kelompok masyarakat berdasarkan area, ketertarikan, kelas sosial, agama dan sebagainya. Pada kelompok masyarakat tertentu, anggotanya membuat istilah-istilah untuk kelompoknya dan ini disebut register dalam variasi bahasa. Dalam studi ini penulis mempelajari tentang register yang digunakan oleh layanan pelanggan di PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dengan mengunakan konsep register dari Brown dan Attardo (2009). Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apa saja register dan makna yang digunakan oleh layanan pelanggan di PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), (2) apa saja faktor kontekstual dari register yang digunakan oleh layanan pelanggan pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Pada penelitian ini penulis menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan sampel homogen. Data berasal dari percakapan antara layanan pelanggan dan para pelanggan di salah satu kantor cabang JNE tepatnya di JNE Sumbersari 1. Sumber data yang dipakai adalah ungkapan yang dipakai oleh pelayan langganan tentang sistem pengiriman di JNE. Penulis mendeskripsikan kontextual analisis tentang register yang digunakan oleh layanan pelanggan. Penulis menemukan 21 register yang dipakai oleh layanan pelanggan di PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Beberapa register mempunyai makna secara umum bagi orang luar dan arti bagi komunitas tersebut. PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir membuat istilah untuk memudahkan pelanggan menyebutkan jenis layanan pengirimannya. Umumnya penulis menemukan sebagian besar kontekstual analisis yang mempengaruhi pembicara adalah fungsi diskursif tentang jenis sistem layanan pengiriman. Layanan pelanggan memberi informasi agar pelanggan faham layanan yang dimaksud. Register yang digunakan oleh layanan pelanggan dari PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) memiliki hubungan dengan sistem pelayanan pengiriman. Penulis menyarankan agar penulis selanjutnya menganalisa register di bidang lain karena masih banyak lapangan yang bisa dijadikan objek.

English Abstract

One of the characteristics of human being is that human has language and use language for communication. As a social being, communication is the most important way to create the society. People create society based on region, interest, social class, religion, occupation and many others. In specific group people create their own terms in their community and it is called register. In this study, the writer conducted a study about registers used by customer service of PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) using the concept of register by Brown and Attardo (2009). There are two problems of the study; they are (1) what are the registers and meaning used by customer service at PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE); (2) what are the contextual factors of the registers used by customer service at PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). This study the writer used descriptive qualitative approach with homogeneous purposive sampling. The data were conversation between customer service and customer in the one of branch office of JNE exactly at JNE Sumbersari 1. The data source was the utterances used by customer service about delivery system in JNE. The writer described the contextual analysis of the conversation where the registers used by the customer service. The writer found 21 registers used by customer service of PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Some of the registers have common meaning some do not. Common meaning is what people know in general about the terms. PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir makes term to make it easier for customer to mention the kind of delivery service of it. Generally the writer found all of the contextual factors influencing the speakers are the discursive function about the kind of delivery service system. The situation is when the customer service give information to make the customer feel understood when they what to send package. The registers used by customer service of PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) have relation with the delivery service system. Those registers are important knowledge to reach understandable when sending package. The writer suggest for the next writer to analyze register in other field because still many field can be used as an object. It can give information not only for English students but also for other people who need the kind of delivery service system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/459/051706186
Uncontrolled Keywords: Sosiolinguistik, Register, Sistem Pengiriman, PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, Layanan Pelanggan.
Subjects: 400 Language > 428 Standard English usage (Prescriptive linguistics)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Aug 2017 01:53
Last Modified: 25 Nov 2020 05:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1050
[thumbnail of 1. BAGIAN DEPAN.pdf] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)

Actions (login required)

View Item View Item