Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Memilih Bank Sebagai Tempat Menabung Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kanca Malang Blimbing

DrsSugengPinando, MPd (2010) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Memilih Bank Sebagai Tempat Menabung Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kanca Malang Blimbing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku nasabah dalam mengambil keputusan pemilihan tempat menabung pada nasabah PT. BRI (Persero) Tbk Kanca Malang Blimbing. Di era globalisasi saat ini segala sesuatu bergerak cepat dan situasi mudah berubah. Tujuan didirikannya suatu bank tidak hanya mencari keuntungan, tetapi juga harus berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah yang sesuai dengan tujuan pemasaran yaitu memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi nasabah dalam memilih bank sebagai tempat menabung baik secara simultan maupun parsial, serta mengetahui dan menganalisis variabel manakah yang paling dominan terhadap keputusan pemilihan tempat menabung. Penelitian ini dilakukan terhadap nasabah yang sedang atau pernah menabung di PT. BRI (Persero) Tbk Kanca Malang Blimbing. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research (penelitian penjelasan) yang menggunakan wawancara yang dipandu dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang disebarkan kepada responden dengan sampel sebanyak 96 orang responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F dan t. Untuk menganalisis data digunakan uji regresi linear berganda dan diperkuat dengan uji asumsi klasik yang berupa uji normalitas, uji mulitikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil uji F terhadap kelima variabel penelitian yaitu faktor budaya (X1), faktor sosial (X2), faktor pribadi (X3), faktor psikologis (X4), dan faktor bauran pemasaran (X5) menunjukkan bahwa kelima variabel tersebut secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pemilihan tempat menabung. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel faktor budaya (X1), faktor sosial (X2), faktor pribadi (X3), faktor psikologis (X4), dan faktor bauran pemasaran (X5) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pemilihan tempat menabung. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel psikologis (X4) mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pemilihan tempat menabung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/723/051100083
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2011 09:12
Last Modified: 24 Oct 2021 11:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104999
[thumbnail of 051100083.pdf]
Preview
Text
051100083.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item