Community Marketing for YSE (Youth Social Entrepreneur) : Program Sosialisasi Kewirausahaan Sosial Universitas Brawijaya untuk Menanggulangi Masalah Pengangguran di Indonesia Berbasis Komunitas

RianPiarna (2010) Community Marketing for YSE (Youth Social Entrepreneur) : Program Sosialisasi Kewirausahaan Sosial Universitas Brawijaya untuk Menanggulangi Masalah Pengangguran di Indonesia Berbasis Komunitas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Youth Social Entrepreneur (YSE) Programme merupakan usulan program kewirausahaan sosial yang dilakukan Universitas Brawijaya sebagai upaya untuk menanggulangi masalah pengangguran di Indonesia. Pengembangan program ini perlu adanya suatu dukungan dari berbagai pihak agar pendidikan entrepreneurship pada mahasiswa bisa terlaksana dengan baik. Perwujudan program ini perlu adanya sebuah konsep penyebaran/sosialisasi kegiatan YSE Programme yang efektif. Konsep community marketing merupakan konsep strategi pemasaran yang lebih melibatkan konsumen dalam penentuan keputusan pengembangan produk/jasa sebuah perusahaan. Pemberdayaan konsumen akan lebih efektif dalam mengenalkan sebuah produk/jasa kepada masyrakat yang lebih luas. Konsep ini bisa diaplikasikan dalam penyebaran YSE programme kepada masyarakat luas. Khususnya pada mahasiswa sebagai agent of change untuk mendapatkan pendidikan entrepreneur. Pihak-pihak yang terkait dalam YSE Programme ini seperti LSM Internasional Ashoka, prkaktisi kewiraushaan sosial, dunia usaha, pengusaha, lembaga keuangan, ukm, budayawan, media massa dan dunia pendidkan bisa menjadi tentor yang akan membimbing mahasiswa yang telah membentuk komunitas entreprenur. Komunitas entrepreneur ini merupakan suatu bentukan dari beberapa orang yang mempunyai tujuan yang sama. Upaya pembentukan komunitas entrepreneur ini dipelopori terlebih dahulu oleh pemimpin dalam komunitas itu yang sebelumnya sudah dikenal memiliki kemampuan kepemimpinan dalam aktivitasnya di kampus, seperti ketua unit kegiatan mahasiswa, ketua panitia atau ketua kelas. Setelah mahasiswa mendapatkan pengalaman dan pemahaman tentang entrepreneur dalam sebuah komunitas. Mahasiswa bisa menjadi tentor untuk mentransfer ilmu yang telah didapat pada lingkungan sekitarnya dan membentuk wirausaha-wirausaha sosial baru. Mahasiswa bisa menyebarkan komunitas social entrepreneur ini di daerahnya masing-masing dan harapannya program pendidikan social entrepreneur bisa menyebar ke seluruh nusantara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/721/051100081
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2011 09:04
Last Modified: 24 Oct 2021 11:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104997
[thumbnail of 051100081.pdf]
Preview
Text
051100081.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item