Febrianto, AyresAdam (2010) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Netbook Acer Aspire One : Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan, parsial, dan variabel mana yang dominan atas atribut produk yang terdiri dari tujuh variabel, yaitu : (1) kualitas ( quality ), (2) desain ( design ), (3) harga ( price ), (4) merek ( brand ), (5) kemasan ( packaging ), (6) Pelayanan ( service ), dan (7) garansi ( warranty ) terhadap keputusan pembelian netbook Acer Aspire One. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research . Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini dijelaskan dan pengaruh beberapa variabel bebas yaitu kualitas, desain, harga, merek, kemasan, pelayanan, dan garansi terhadap keputusan pembelian netbook Acer Aspire One. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling . Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan T hitung . Untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heterikedastisitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa secara simultan variabel kualitas (X 1 ), desain (X 2 ), harga (X 3 ), merek (X 4 ), kemasan (X 5 ), pelayanan (X 6 ), dan garansi (X 7 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian netbook Acer Aspire One (Y) dengan signifikansi sebesar 0,000 dengan koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,827. Sedangkan secara parsial, variabel kualitas (X 1 ), harga (X 3 ), merek (X 4 ) dan variabel garansi (X 7 ) menunjukan adanya pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian netbook Acer Aspire One dengan signifikansi masingmasing variabel sebesar 0,000; 0,000; 0,000 dan 0,039. Sedangkan variabel desain (X 2 ), kemasan (X 5 ), dan pelayanan (X 6 ) menunjukan tidak adanya pengaruh yang signifikan, dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 0,619; 0,191; dan 0,150. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian netbook Acer Aspire One yaitu variabel harga (X 1 ) dengan standardized coefficient beta sebesar 0,543.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2010/709/051100068 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 19 May 2011 11:10 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 11:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104984 |
Preview |
Text
051100068.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |