DianAristaDamayanti (2010) Pengaruh Atmospherik Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja di Butik Batik Madisa Painting Art Pekalongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atmospherik yang terdiri atas variabel: Tata ruang, suara, aroma, tekstur, dan desain bangunan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di Butik Batik Madisa Painting Art Pekalongan. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat ( atmospherik ) terhadap variabel bebas (keputusan konsumen) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji t dan uji F. Penelitian ini termasuk jenis penelitian explanatory research . Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 responden. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan cara mengambil berdasarkan kriteria tertentu yaitu responden yang datang untuk berbelanja di Butik Batik Madisa Painting Art Pekalongan baik individu maupun kelompok yang dianggap cocok dijadikan sebagai responden sampai memenuhi jumlah yang ditentukan. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan t hitung. Untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi linear berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel yang terdiri dari tata ruang ( ), suara ( ), aroma ( ), tekstur ( ), dan desain bangunan ( ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen. Hasil penelitian nilai ? > ( 18.289 > 2.776) atau Sig F < 0.005 (0.000 < 0.005) yang berarti bahwa tata ruang, suara, aroma, tekstur, dan desain bangunan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen secara simultan (bersama-sama). Sedangkan secara parsial, variabel tata ruang ( ), suara ( ), aroma ( ), tekstur ( ), dan desain bangunan ( ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 0.009, 0.001, 0.010, 0.011, dan 0.009. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen yaitu varibel suara ( ) dengan standardized coefficients beta sebesar 0.407. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keenam variabel bebas, yaitu: tata ruang, suara, aroma, tekstur, dan desain bangunan baik secara parsial maupun simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di Butik Batik Madisa Painting Art Pekalongan. Variabel suara merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan konsumen dalam memilih Butik Batik Madisa Painting Art Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2010/669/051003846 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 27 Jan 2011 10:40 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 07:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104941 |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IVedit.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_RIWAYAT_HIDUP.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR_PENGESAHA1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |