“Analisis Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Kemandirian Daerah di Provinsi Jawa Timur Pada Era Otonomi : Studi Kasus Pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur.

EkaRizaldiYusdanTrisnawan (2010) “Analisis Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Kemandirian Daerah di Provinsi Jawa Timur Pada Era Otonomi : Studi Kasus Pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejak pola hubungan pemerintahan antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat mengalami perubahan. Jika sebelumnya kita menganut sistem pemerintahan yang bersifat sentralistik yang ternyata hanya menimbulkan ketidak-adilan di seluruh daerah, sejak tahun 2001 diubah menjadi era desentralisasi atau yang sering dikenal sebagai era otonomi daerah. Di era otonomi ini diharapkan daerah menjadi mandiri di dalam pengelolaan kewenangan serta keuangannya yang ditandai dengan makin kuatnya PAD suatu daerah. Sementara itu untuk beberapa hal yang mungkin masih kekurangan dana, daerah masih diberi bantuan dari Pemerintah Pusat dalam bentuk Dana Perimbangan. Namun tujuan awal pelaksanaan otonomi adalah mewujudkan Strukutur PAD yang kuat dalam mendukung terciptanya kemandirian daerah. Untuk itulah kemudian penelitian ini dilakukan dengan tujuan mencari variabel apa saja yang mampu mendukung terwujudnya kemandirian daerah. Adapun variabel yang dipilih adalah Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang diyakini sebagai proxy variabel yang mampu mencerminkan kemandirian daerah. Kemandirian daerah sendiri dapat dianalisis menggunakan Derajat Desentraslisasi Fiskal. Sebagai objek, penelitian ini menggunakan sampel pada 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur dengan menggunakan metode analisis regresi data panel. Hasilnya variabel pajak daerah dan retribusi daerah secara parsial dan simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian daerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/667/051003844
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jan 2011 11:10
Last Modified: 24 Oct 2021 09:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104939
[thumbnail of FINAL_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FINAL_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KP,DAFTAR_ISI_&_ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
KP,DAFTAR_ISI_&_ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RESUME_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
RESUME_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item