Penerapan Relationship Marketing dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada Paguyuban Pengrajin Bubut Kayu Kelurahan Tanggung (P2BKKT) Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar.

DhomiPriyaUtama (2010) Penerapan Relationship Marketing dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada Paguyuban Pengrajin Bubut Kayu Kelurahan Tanggung (P2BKKT) Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar beakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penerapan relationship marketing yang terdiri dari komunikasi, komitmen, kepercayaan, dan penyelesaian masalah dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Sampel penelitian ini adalah 80 responden dari pelanggan Paguyuban Pengrajin Bubut Kayu Kelurahan Tanggung (P2BKKT) Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar, yang dimana telah mendaftarkan diri dan menjadi anggota dari Paguyuban Pengrajin Bubut Kayu Kelurahan Tanggung (P2BKKT) Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel komunikasi, komitmen, kepercayaan, dan penyelesaian masalah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Paguyuban Pengrajin Bubut Kayu Kelurahan Tanggung (P2BKKT) Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar dengan signifikansi sebesar 0,000 dan koefisien determinasi () sebesar 0.357 atau 35,7%. Sedangkan secara parsial, variabel variabel komunikasi (X1) dan variabel penyelesaian masalah (X4) menunjukan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan signifikansi masing-masing sebesar 0,049 dan 0,086. Sedangkan variabel komitmen (X2) dan kepercayaan (X3) menunjukkan adanya pengaruh yang tidak signifikan, dengan signifikansi masing-masing 1,531 dan 1,739. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa keempat variabel bebas secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Paguyuban Pengrajin Bubut Kayu Kelurahan Tanggung (P2BKKT) Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar, namun tidak secara parsial. Maka diharapkan paguyuban dapat meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga pelanggan akan merasa lebih puas karena sesuai dengan yang mereka harapkan dan dapat terbentuk hubungan jagka panjang yang saling menguntungkan antara paguyuban dengan pelanggan atau anggotanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/630/051003531
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Jan 2011 08:36
Last Modified: 24 Oct 2021 09:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104901
[thumbnail of 051003531.pdf]
Preview
Text
051003531.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item