Ariyani (2010) Analisis Pengaruh Variabel Bukti Fisik, Proses, dan Orang Terhadap Kepuasan Pelanggan” (Studi pada Pusat Perawatan Kecantikan Nadya Women Centre di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa yang terdiri dari variabel bukti fisik, proses, dan orang terhadap kepuasan pelanggan Pusat Perawatan Kecantikan Nadya Women Centre di Kota Malang. Untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas (bukti fisik, proses, dan orang) terhadap variabel terikat (kepuasan pelanggan) digunakan analisis regresi dengan metode uji F dan uji t. Penelitian ini termasuk dalam penelitian explanatory research . Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan dan pengaruh variable bebas (bukti fisik, proses, dan orang) terhadap variabel terikat (kepuasan pelanggan). Dalam penelitian ini, sample yang digunakan adalah sebesar 60 pelanggan. Perhitungan sampel ini didasarkan pada rumus Naresh K. Maholtra. Untuk pengambilan sampel digunakan tekhnik purposive sampling , yaitu judgment sampling . Judgment sampling adalah merupakan tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu yang disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Hasil penelitian regresi linear berganda menunjukan bahwa secara bersama-sama (simultan) variabel bukti fisik (X 1 ), proses (X 2 ), dan orang (X 3 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini ditunjukan dengan nilai sig. 0.000 dengan nilai Adjusted R Square 0,806 (80,6%). Secara parsial masing-masing variabel juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Untuk variabel bukti fisik (X 1 ) memiliki signifikan 0,002, variabel proses (X 2 ) 0,004, dan untuk variabel orang (X 3 ) memiliki signifikan sebesar 0,000. variabel orang adalah merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan Nadya Women Centre. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat dikatakan bahwa variabel bukti fisik, proses, dan orang mempunyai pengaruh yang signifikan baik secara bersama-sama (simultan) maupun secara parsial. Variabel orang (X 3 ) adalah merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan Nadya Women Centre.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2010/62/051000485 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 25 Feb 2010 10:02 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 09:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104889 |
Preview |
Text
051000485.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |