Analisis Kesalahan Konjugasi Bahasa Prancis Pada Siswa Kelas XII Bahasa SMAN 1 Sumberpucung Tahun Ajaran 2017/2018

Diniah, Novita Ulfianti (2018) Analisis Kesalahan Konjugasi Bahasa Prancis Pada Siswa Kelas XII Bahasa SMAN 1 Sumberpucung Tahun Ajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu tuntutan dalam globalisasi adalah kemampuan berbahasa asing seperti contohnya bahasa Prancis dengan sistem konjugasi verbanya. Namun konjugasi tersebut sulit untuk dipelajari bagi pembelajar pemula, seperti siswa kelas XII Bahasa tahun ajaran 2017/2018 di SMAN 1 Sumberpucung. Kesulitan tersebut menimbulkan kesalahan sehingga diperlukan penelitian mengenai analisis kesalahan untuk mendeskripsikan (1) jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam konjugasi, dan (2) faktor yang menyebabkan kesalahan. Hal tersebut juga dikarenakan belum adanya penelitian sejenis mengenai analisis kesalahan dalam konjugasi bahasa Prancis pada siswa SMA di wilayah Malang. Penelitian ini bertujuan agar siswa kelas XII Bahasa SMAN 1 Sumberpucung tahun ajaran 2017/2018 dan pembelajar bahasa Prancis pada umumnya bisa memiliki kemampuan berbahasa Prancis yang mumpuni untuk bersaing di era globalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui tes soal Morfosintaksis konjugasi dan wawancara. Selanjutnya data hasil tes dianalisis menggunakan metodologi analisis kesalahan berbahasa (Tarigan, 1988) sedangkan data hasil wawancara menggunakan analisis data model Miles dan Huberman (1984). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan dalam konjugasi yang dilakukan siswa adalah kesalahan morfologi yang meliputi kesalahan bentuk kata, penghilangan, afiks, pengecualian, kategori waktu, jumlah subjek, dan aspek. Berkaitan dengan penggunaan konjugasi dalam kalimat sebagai kajian pendukung, siswa melakukan kesalahan sintaksis yakni kesalahan urutan verba dalam kalimat, struktur / pola kalimat, dan frasa verbal (dalam passé composé). Selanjutnya, faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan tersebut meliputi diri siswa dan contoh bahasa yang digunakan sebagai bahan (pendapat populer dari Norrish), interferensi, bahasa ibu, strategi belajar siswa dan teknik mengajar dari pengajar (pendapat populer dari Jain), serta lingkungan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa seluruh responden yang berjumlah 29 siswa kurang menguasai konjugasi terutama pada proses pembentukannya. Faktor yang paling mempengaruhi adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap konjugasi yang disebabkan rendahnya minat belajar. Selain itu, dalam penelitian ini juga terdapat saran bagi pembelajar dan pengajar untuk meningkatkan semangat belajar dan mengajar bahasa Prancis agar kesalahan yang dibuat bisa diminimalisir bahkan dihilangkan. Sedangkan saran bagi penelitian-penelitian berikutnya yaitu agar memperbanyak dan mengembangkan penelitian mengenai analisis kesalahan dalam bahasa Prancis.

English Abstract

One of the demands in globalization is the ability of foreign languages such as French with its verb conjugation system. However, the conjugation is difficult to learn for beginner learners, such as students of 12th grade of Language program of the academic year 2017/2018 at SMAN 1 Sumberpucung. These difficulties lead to errors, so that it require research on error analysis to describe (1) the types of students errors made in conjugation, and (2) the factors that cause the errors. This is also due to the absence of similar research on error analysis in French conjugation on high school students in Malang. This study aims to make the students and French learners in general, can have the ability in French languange in the era of globalization. This research is descriptive qualitative research. Data were obtained through conjugation morphosyntax test and interview. The test results were analyzed using the methodology of language error analysis (Tarigan, 1988) while the interview results use data analysis of Miles and Huberman (1984). The results of this research shows that the types of errors in the conjugation are morphological errors, these are the errors of word, omissions, affixes, exceptions, time categories, subject counts, and aspects. In relation to the use of conjugation in sentences as supporting studies, students make syntactical errors that are the errors of verb-order in sentences, sentence structure, and verbal phrases (in passé composé). Furthermore, the factors that cause the errors, these are student self and language samples used as materials (popular opinion from Norrish), interference, mother tongue, learning strategies and teaching techniques (popular opinion from Jain), and also environment. From this research, it can be concluded that all respondents (29 students) less master conjugation especially in the process of its formation. The most influencing factor is the lack of students' understanding of the conjugation caused by the low interest in learning. In this study there are also suggestions for learners and teachers to improve the spirit of learning and teaching French language so that the mistakes can be minimized even eliminated. While suggestion to the next researchs is to reproduce and develop research on error analysis in French language.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/4/051800469
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Konjugasi Bahasa Prancis, Verba
Subjects: 400 Language > 440 French and related Romance languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 14 May 2018 06:56
Last Modified: 25 Oct 2021 05:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10487
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (670kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (247kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item