Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional dan Aktivitas Kemahasiswaan Terhadap Pemahaman Kode Etik Akuntan

DianSafitriSetyaningGestani (2010) Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional dan Aktivitas Kemahasiswaan Terhadap Pemahaman Kode Etik Akuntan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengetahui tentang pengaruh perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan aktivitasan mahasiswa terhadap pemahaman kode etik akuntan publik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitif. Teknik pengolahan yang digunakan adalah korelasi ganda, dimana dapat diketahui apakah ada hubungan antara perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan aktivitasan mahasiswa terhadap pemahaman kode etik akuntan publik. Semakin tinggi perilaku belajar mahasiswa maka diharapkan semakin tinggi pula tingkat pemahaman kode etik akuntan publik. Begitu pula dengan kecerdasan emosional dan aktivitas kemahasiswaan. Hasil penelitian setelah dilakukan perhitungan korelasional diketahui bahwa sikap mahasiswa yang memiliki perilaku belajar yang baik dapat mendukung keberhasilannya menjadi calon akuntan publik profesional. Sedangkan untuk variabel kecerdasan emosional dibuktikan dengan munculnya beberapa sikap yang ditunjukkan oleh responden seperti sikap mandiri dan tidak gampang terpengaruh oleh lingkungan sekitar yang bersifat negatif dan dapat merugikan diri sendiri. Sikap mengerti apa yang menjadi tujuan hidupnya, tidak mudah berputus asa, selalu memiliki motivasi juga merupakan sikap yang mereka miliki. Hal ini merupakan indikator bahwa mahasiswa memiliki kecerdasan emosional bagus. Kecerdasan ini berkontribusi terhadap pemahaman kode etik akuntan publik. Selain kedua variabel tersebut, aktivitas kemahasiswaan juga berpengaruh terhadap pemahaman kode etik akuntan publik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/575/051003220
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Oct 2010 15:19
Last Modified: 24 Oct 2021 08:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104840
[thumbnail of 051003220.pdf]
Preview
Text
051003220.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item