Efektivitas iklan televisi provider seluler 3 (TRI) versi machester united : studi pada mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang.

StanleyPurbanegara (2010) Efektivitas iklan televisi provider seluler 3 (TRI) versi machester united : studi pada mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Hutchinson CP Telecom Indonesia mempunyai produk kartu seluler yaitu “3”. Pada saat ini kartu seluler ”3” memang paling banyak digemari oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Karena selain menawarkan harga yang relatif terjangkau untuk kalangan pelajar dan mahasiswa . PT Hutchinson CP Telecom Indonesia merupakan perusahaan yang sering melakukan promosi baik dalam media cetak mau pun elektronik. Salah satunya adalah iklan televisi yang ditayangkan selama bulan Oktober - Desember 2009 yaitu iklan Kartu Seluler ”3” versi “Manchester United”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif iklan televisi Kartu Seluler ”3” versi “Manchester United” dengan menggunakan EPIC Model yaitu salah satu alat untuk mengukur keefektifan iklan televisi dengan menggunakan 4 dimensi yaitu Empathy , Persuasion , Impact , dan Communication . Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan EPIC Model antara lain dimensi empathy (empati) yang digunakan untuk mengukur rasa suka responden terhadap iklan televisi Kartu Seluler ”3” versi “Manchester United”. Hasil dari perhitungan menggunakan skor rata – rata, adalah 3,493, yang menurut EPIC Model masuk ke dalam kategori Efektif . Dimensi persuasion (persuasi) yang digunakan untuk mengukur ketertarikan terhadap produk dan keinginan responden untuk membeli kartu selluler ”3”. Hasil dari perhitungan menggunakan skor rata – rata, adalah 3,418, yang menurut EPIC Model masuk ke dalam kategori Efektif . Dimensi impact (dampak) yang digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan konsumen mengenai produk kartu selluler ”3” dan tingkat kreativitas iklan Kartu Seluler ”3” versi “Manchester United” dibandingkan dengan iklan kartu seluler yang lain. Hasil dari perhitungan menggunakan skor rata – rata, adalah 4,555, yang menurut EPIC Model masuk ke dalam kategori Sangat Efektif . Dimensi communication (komunikasi) yang digunakan untuk mengukur tingkat kejelasan informasi yang disampaikan, pemahaman terhadap tarif penggunaan, serta kemampuan iklan Kartu Seluler ”3” versi “Manchester United” dalam menyampaikan manfaat penggunaan dari produk kartu seluler ”3”. Hasil dari perhit ungan menggunakan skor rata – rata adalah 3,245 yang menurut EPIC Model masuk ke dalam kategori Efektif .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/573/051003218
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Oct 2010 14:53
Last Modified: 24 Oct 2021 08:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104838
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ISI.pdf]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item