Analisis Hubungan Antara Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Sektor Industri, Arus Migrasi Masuk Dan Pengangguran Di Kota Semarang Tahun 1984-2008

SwariAnggriSiburian (2010) Analisis Hubungan Antara Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Sektor Industri, Arus Migrasi Masuk Dan Pengangguran Di Kota Semarang Tahun 1984-2008. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pentingnya perencanaan pembangunan merupakan suatu agenda yang terus-menerus dikerjakan oleh negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Proses pembangunan seringkali diidentikkan dengan proses industrialisasi, karena sektor industri memiliki spesialisasi dalam produksi dan perdagangan antar negara yang pada akhirnya sejalan dengan pendapatan perkapita. Kegiatan ini juga membutuhkan tenaga kerja sehingga mendorong terciptanya lapangan kerja. Selain itu juga suatu kota yang identik dengan industrinya akan mendorong masyarakat dari tempat lain dengan motif ekonomi untuk melakukan migrasi. Hal ini akan dapat berdampak buruk dimasa mendatang. Sehingga perlu adanya suatu tata kelola yang baik untuk mengatasi pertumbuhan industri, arus migrasi dan tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat hubungan kausalitas antara pertumbuhan sektor industri yang tercermin lewat PDRB sektor industri, arus migrasi masuk dan pengangguran. Selain itu juga untuk melihat apakah shock/perubahan salah satu variabel diatas mempengaruhi variabel lainnya dalam jangka panjang. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan alat analisis Vector Error Correction Model (VECM). Dengan melakukan uji kestabilan (stasioner) data, uji lag, kausalitas granger, VECM yang terdiri dari uji impulse response dan variance decompotition. Hasil dari analisis hubungan kausalitas dalam penelitian ini menunjukkan, naiknya PDRB sektor industri mengakibatkan arus migrasi masuk, berlaku sebaliknya. Migrasi masuk menyebabkan pertumbuhan sektor industri. Pengangguran menyebabkan pertumbuhan sektor industri. Dalam jangka panjang hanya terdapat dua shock variabel yang berpengaruh positif. Pertama, shock pada PDRB sektor industri tidak lagi mengakibatkan migrasi masuk. Kedua, shock pada variabel arus migrasi masuk dalam jangka panjang masih mempengaruhi meningkatnya PDRB sektor industri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/547/051003192
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2010 10:30
Last Modified: 24 Oct 2021 08:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104810
[thumbnail of 051003192.pdf]
Preview
Text
051003192.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item