Analisis Value Relevance antara Informasi Laba dan Komponen Arus Kas Berdasarkan Siklus Hidup Perusahaan : Studi pada Perusahaan Dagang yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2003 – 2008

Abdullah (2010) Analisis Value Relevance antara Informasi Laba dan Komponen Arus Kas Berdasarkan Siklus Hidup Perusahaan : Studi pada Perusahaan Dagang yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2003 – 2008. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan manakah yang lebih memiliki value-relevant pengukuran laba atau arus kas pada masing-masing siklus hidup perusahaan. Siklus hidup perusahaan umumnya terbagi dalam tahap start up, growth, mature dan decline. Karakteristik perusahaan berbeda untuk setiap tahap siklus hidup tersebut, karena itu kegunaan pengukuran akuntansi juga akan berbeda. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan wholesale and retail trade yang terdaftar di BEI yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linear berganda. Empat kriteria digunakan untuk mengklasifikasian observasi tahun perusahaan ke dalam tahap start-up adalah sebagai berikut: (1) perusahaan yang didirikan antara tahun 2003 dan 2008, (2) perusahaan tidak terbentuk sebagai akibat dari divestiture, merger, atau bentuk restrukturisasi lainnya, (3) perusahaan memulai melakukan penjualan tidak lebih dari satu tahun sebelum go publik, dan (4) hanya data perusahaan selama tiga tahun pertama setelah tanggal berdiri perusahaan yang dimasukkan. Tiga variabel klasifikasi (persentase pertumbuhan penjualan, pembayaran dividen per tahun dan umur perusahaan) dan teori yang relevan digunakan untuk mengklasifikasikan observasi tahun perusahaan ke dalam tahap growth, mature dan decline. Berdasakan dari kriteria tersebut, 44 tahun perusahaan dari 10 perusahaan yang berbeda diambil sebagai sampel, yang terdiri atas 20 tahun-perusahaan dari tujuh perusahaan yang berbeda berada pada tahap growth, 18 tahun-perusahaan dari lima perusahaan yang berbeda berada pada tahap mature dan 6 tahun-perusahaan dari satu perusahaan pada tahap decline. Penelitian ini tidak dapat melakukan pengujian untuk tahap start-up dan decline, dikarenakan data sampel untuk kedua tahap tersebut tidak mencukupi untuk dilakukan pengujian. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai pasar ekuitas pada tahap growth dipengaruhi oleh arus kas investasi dan arus kas pendanaan. Pada tahap mature, hasil penelitian memberikan bukti bahwa laba lebih memilki value relevant daripada variabel independen yang lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/536/051003181
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2010 09:41
Last Modified: 24 Oct 2021 08:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104798
[thumbnail of 051003181.pdf]
Preview
Text
051003181.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item