Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Tenaga Kerja Disentra Industri Marmer Dan Onyx : Studi Kasus Di Desa Gamping Kecamatan Campurdarat, Tulungagung

AgusHyndraAdhani (2010) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Tenaga Kerja Disentra Industri Marmer Dan Onyx : Studi Kasus Di Desa Gamping Kecamatan Campurdarat, Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini hanya pada faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja dalam upaya pengembangan industri kecil di Kabupaten Tulungagung, khususnya industri marmer dan onyx. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan tenaga kerja pada industri onyx dan marmer dan untuk mengetahui faktor apa yang dominan mempengaruhi penggunaan tenaga kerja pada industri onyx dan marmer. Bagi pemerintah daerah, hasil peneltiian ini diharapkan bermanfaat bagi pemerintah Kabupaten Tulungagung dalam hal penentuan kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduknya dengan melalui pengembangan industri kecil Berdasarkan hasil analisis uji F dapat membuktikan bahwa variabel nilai produksi, modal atau investasi dan upah tenaga kerja mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap penggunaan tenaga kerja pada industri marmer dan onyx di Kecamatan Campurdarat, Tulungagung. Hasil uji t dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara variabel nilai produksi, modal atau investasi dan upah tenaga kerja terhadap penggunaan tenaga kerja pada industri marmer dan onyx di Kecamatan Campurdarat, Tulungagung. Berdasarkan hasil koefisien regresi (standardized coefficients) masing-masing variabel dapat diuraikan bahwa variabel nilai produksi sebesar 0,366, variabel modal atau investasi sebesar 0,427 dan variabel upah tenaga kerja yaitu sebesar 0,274. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel modal atau investasi mempunyai pengaruh dominan terhadap penggunaan tenaga kerja pada industri marmer dan onyx di Kecamatan Campurdarat, Tulungagung. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diajukan beberapa saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu diharapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung melalui dinas yang terkait selalu berusaha untuk lebih memacu pertumbuhan industri marmer dan onyx yang terdapat diwilayah tersebut.. Usaha nyata yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan fasilitas atau kemudahan dalam proses ijin mendirikan usaha dan instansi yang terkait dan selalu memberikan pembinaan terhadap industri-industri tersebut sehingga dapat lebih berkembang dan menyerapkan tenaga kerja dalam jumlah yang lebih besar. Diharapkan para pemilik untuk menginvestasikan modal yang dimiliki sesuai dengan tujuan pengembangan usaha yang akan dilakukan, Pada sisi yang lain diharapkan para pemilik usaha untuk melakukan pengembangan usaha dengan mengutamakan usaha penyerapan tenaga kerja. Diharapkan para pemilik selalu berusaha untuk melakukan inovasi atas produk yang dihasilkan dengan harapan produk yang dihasilkan dapat diterima oleh masyarakat dan pada akhirnya mampu meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/532/051003177
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2010 10:50
Last Modified: 24 Oct 2021 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104794
[thumbnail of 051003177.pdf]
Preview
Text
051003177.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item