Pengaruh Brand Image Pelanggan Kartu IM 3 terhadap kepuasan.

ImamFauzi (2010) Pengaruh Brand Image Pelanggan Kartu IM 3 terhadap kepuasan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang pengambilan judul ini adalah semakin banyaknya perusahaan operator selular di Indonesia, sehingga menyebabkan semakin ketatnya persaingan usaha dalam bisnis penjualan jasa telekomunikasi selular. Untuk menyingkapi hal tersebut PT. Indosat, Tbk menciptakan berbagai strategi agar jasa telekomunikasi selular Indosat tetap bertahan dan selalu menjadi pilihan konsumen. Salah satu jalan untuk meraih keunggulan dalam persaingan adalah dengan membentuk image merek yang baik di mata konsumen. Image merek yang baik secara emosional akan membentuk kepuasan dalam diri individu yang menghasilkan kesan kualitas (persepsi nilai yang dirasakan pelanggan atas mutu produk) terhadap suatu merek, dan apabila merek tersebut dirasakan baik, maka hal selanjutnya yang diharapkan adalah loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel brand image yang terdiri dari variabel citra pembuat (X 1 ), citra pemakai (X 2 ) dan citra produk (X 3 ) baik secara simultan maupun secara parsial. Serta untuk mengetahui variabel brand image yang memiliki pengaruh yang dominan terhadap kepuasan pelanggan, khusunya mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian exsplanatory , dimana penelitian ini dirancang untuk menjelaskan hubungan kausal yang terjadi antara variabel-variabel brand image kartu IM3 yang terdiri dari citra pembuat (X 1 ), citra pemakai(X 2 ), citra produk(X 3 ) dengan kepuasan (Y 1 ). Metode penelitian yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah menggunakan penarikan sampel secara tidak acak ( non-probabilitiy sampling ). Hal ini dikarenakan peneliti belum bisa mengetahui besarnya jumlah anggota populasi, maka peneliti tidak dapat menggunakan cara-cara statistik untuk menentukan sampel penelitian. Prosedur non-probability sampling yang digunakan adalah purposive sampling , dimana sampel dipilih berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Dari hasil analisis regresi diketahui bahwa variabel brand image yang berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan terdiri dari variabel citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk. Kemudian, variabel brand image yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan terdiri dari citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk. Sedangkan, variabel brand image yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan variabel citra pembuat (X 1 ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/51/051000443
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Feb 2010 15:24
Last Modified: 23 Feb 2010 15:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104789
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item