Karakteristik Sosial Ekonomi dan Implikasinya terhadap Kinerja Karyawan Kontrak (Outsourcing)

NurulFarida (2010) Karakteristik Sosial Ekonomi dan Implikasinya terhadap Kinerja Karyawan Kontrak (Outsourcing). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor-faktor yang menyangkut karakteristik sosial dan karakteristik ekonomi karyawan cleaning service dari perusahaan outsourcing yang ditempatkan bekerja di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, (2) mengetahui faktor-faktor kinerja karyawan, dan (3) mengetahui implikasi karakteristik sosial ekonomi dengan kinerja yang dihasilkan karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara (secara langsung terhadap informan dan tidak langsung terhadap responden manggunakan instrumen kuisioner), dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari variabel karakteristik sosial karyawan cleaning service meliputi umur, pendidikan, status perkawinan, status tempat tinggal, jumlah tanggungan, lama bekerja, motivasi awal bekerja, pengalaman kerja, dan kepuasan kerja para karyawan setelah diasumsikan menggunakan skala guttman diketahui sudah efektif baik meskipun belum maksimal. Sedangkan hasil dari karakteristik ekonomi yang diwakili oleh variabel yang terkait dengan sistem gaji, besaran gaji pokok, adanya tunjangan, kesesuaian gaji dengan kesulitan pekerjaan, kecukupan gaji untuk memenuhi kebutuhan hidup, kesesuaian gaji dengan UMR, adanya pekerjaan sampingan, besaran pendapatan dari pekerjaan sampingan, serta kenyamanan bekerja (kesediaan keluar kerja untuk jenis pekerjaan lain) menunjukkan hasil yang kurang efektif, meskipun hasil penilaian kinerja yang didasarkan pada variabel kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas biaya, kebutuhan akan pengawasan, da n interpersonal import secara umum dinilai oleh para informan sudah cukup baik . Hal tersebut kemudian yang menjadi dasar informasi dan pertimbangan kebijakan pihak-pihak yang berkaitan untuk lebih memperbaiki sistem tata kelola keberadaan dan penggunaan jasa outsourcing khususnya di Fakultas Ekonomi maupun Kota Malang dan Negara Indonesia pada umumnya. Oleh sebab itu, dari hasil penelitian ini selanjutnya diharapkan mampu memberikan referensi perbaikan demi terciptanya profesionalitas kerja dan kesejahteraan yang adil bagi semua pihak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/50/051000442
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Feb 2010 15:39
Last Modified: 24 Oct 2021 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104788
[thumbnail of 051000442.pdf]
Preview
Text
051000442.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item