Analisis Persoalan Penguasaan Informasi Risk and Return pada Nasabah dalam Kerangka Principal-Agent (Studi Kasus Produk Tabungan Batara Bank Tabungan Negara Cabang Malang)

VikaAnnisaQurrata (2010) Analisis Persoalan Penguasaan Informasi Risk and Return pada Nasabah dalam Kerangka Principal-Agent (Studi Kasus Produk Tabungan Batara Bank Tabungan Negara Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui realitas hubungan principal agent antara nasabah penabung dan BTN, (2) Mengetahui persepsi nasabah penabung dalam penguasaan informasi risk and return . Hal ini dikarenakan banyaknya permasalahan yang timbul antara bank dan nasabah. Namun sampaii saat ini nasabah merasa masih kurang puas terhadap jawaban yang diberikan oleh bank. Sehingga hubungan antara bank dan nasabah tidak seimbang. Salah satu pihak mengetahui informasi lebih banyak daripada pihak lainnya.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengambilan informan melalui purposive sampling. Data yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Informasi suatu hal yang kurang dianggap penting bagi nasabah. Nasabah hanya menerima informasi yang diberikan bank sehingga saat ada yang bertanya lebih jauh bank akan membuat informasi tersebut menjadi assymetric dengan cara menutup-nutupi kenyataan. Terkait dengan informasi yang didapatkan, oleh karena nasabah merasa bargaining position mereka lemah terhadap bank, maka hal ini membuat mereka merasa malas bertanya dan menganggap jawaban yang diberikan pihak bank sepertinya ada yang disembunyikan. Selain itu bagi nasabah risiko bukanlah menjadi pertimbangan utama menabung. Hal ini dikarenakan persepsi nasabah yang menganggap BTN bank milik pemerintah sehingga terbebas dari segala macam risiko. Nasabah penabung menganggap bahwa yang dianggap bukanlah return secara rasional ekonomis seperti tingkat suku bunga yang diberikan, namun lebih kepada faktor keamanan dan aksebilitas akan kemudahan KPR yang diberikan oleh BTN pada nasabah penabung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/42/051000399
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Feb 2010 10:39
Last Modified: 24 Oct 2021 07:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104778
[thumbnail of 051000399.pdf]
Preview
Text
051000399.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item