Pengembangan Ekonomi Kepariwisataan Dalam Upaya Pemerataan dan Pertumbuhan Ekonomi Kota Surakarta : (Studi Belanja APBD)

HanggerPrihandoko (2010) Pengembangan Ekonomi Kepariwisataan Dalam Upaya Pemerataan dan Pertumbuhan Ekonomi Kota Surakarta : (Studi Belanja APBD). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alasan pemilihan pengembangan ekonomi kepariwisataan sebagai desain perekonomian kota Surakarta; menganalisis kebijakan belanja pemerintah kota dalam kerangka pengembangan pariwisata; dan menganalisis pemerataan dan pertumbuhan ekonomi kota Surakarta yang menggunakan desain ekonomi kepariwisataan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kota Surakarta dalam persaingan memperebutkan pasar/investasi dapat mengandalkan tiga sector utama yaitu pada sector perdagangan, hotel dan restoran; angkutan dan komunikasi; serta sector keuangan, sewa dan jasa perusahaan.Ekonomi kepariwisataan dipilih sebagai rancang bangun utama ( grand design ) dari pembangunan ekonomi kota karena keterkaitan pariwisata dengan sector-sektor perekonomian utama di kota Solo cukup erat. Berkaitan pengelolaan belanja APBD, dengan memiliki suatu grand design atas visi pembangunan kota maka belanja APBD akan lebih terintegrasi.Pertumbuhan ekonomi kota yang berdesain ekonomi kepariwisataan ini ternyata juga memiliki kontribusi positif terhadap pengurangan kemiskinan dan tingkat pengangguran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/35/051000393
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Feb 2010 14:19
Last Modified: 24 Oct 2021 07:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104761
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of babI.pdf]
Preview
Text
babI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of intro.pdf]
Preview
Text
intro.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item