RamaDhoniTriLustanto (2010) Faktor-faktor yang mempengaruhi Relationship Marketing (Studi pada nasabah pengguna Produk kredit pensiun BRIGUNA PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Kawi, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
latar belakang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing yang terdiri dari keuntungan bersama, komitmen, kebenaran dan komunikasi terhadap loyalitas nasabah produk kredit pensiun BRI Cabang Kawi Malang, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh yang dominan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Sampel penelitian ini adalah 50 responden dari nasabah Produk kredit pensiun BRIGUNA PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Kawi, Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah judgement sampling/ purposive sampling yaitu, teknik penarikan sampel yang dilakukan berdasarkan karakteristik yang ditetapkan terhadap elemen populasi target yang disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel keuntungan bersama, komitmen, kebenaran dan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah produk kredit pensiun BRI Cabang Kawi Malang dengan tingkat signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi sebesar 0,736 (73,6%). Sedangkan secara parsial juga menunjukkan pengaruh yang signifikan dengan tingkat signifikansi masing-masing variabel yaitu 0,000. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas nasabah yaitu variabel kebenaran (X3) dengan koefisien sebesar 0.568. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keempat variabel bebas yaitu keuntungan bersama, komitmen, kebenaran dan komunikasi baik secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah produk kredit pensiun BRI Cabang Kawi Malang. Variabel kebenaran (X3) merupakan varibael yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap loyalitas nasabah produk kredit pensiun BRI Cabang Kawi Malang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2010/32/051000390 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 22 Feb 2010 09:21 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 07:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104758 |
Preview |
Text
051000390.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |