Analisis Faktor Inflasi Sebagai Fundamental Ekonomi Makro Dan Desentralisasi Fiskal Terhadap Investasi Daerah (Studi Kasus Wilayah Malang RayaTahun 2003-2008)

OktavianusOkiBagusKrisnawan (2010) Analisis Faktor Inflasi Sebagai Fundamental Ekonomi Makro Dan Desentralisasi Fiskal Terhadap Investasi Daerah (Studi Kasus Wilayah Malang RayaTahun 2003-2008). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Inflasi Daerah, DAU, DBH, dan DAK terhadap tingkat Penanaman Modal Asing dan Penanaman Modal Dalam Negeri kabupaten/kota di wilayah Malang Raya untuk tahun anggaran 2003 sampai dengan 2008. Untuk mengetahui pengaruh Inflasi Daerah, DAU, DBH, dan DAK terhadap tingkat Penanaman Modal Asing dan Penanaman Modal Dalam Negeri tersebut digunakan analisis data panel melalui pendekatan metode efek random (random effect). Dari hasil analisis data panel dengan menggunakan pendekatan metode efek random (random effect), diketahui bahwa pada Kabupaten Malang memiliki kinerja yang baik dibandingkan dengan Kota Malang dan Kota Batu dalam usahanya untuk meningkatkan investasi daerahnya. Uji t dan uji F menghasilkan kesimpulan bahwa variabel Inflasi, DAU, DBH berpengaruh signifikan terhadap perkembangan PMA dan PMDN, baik itu secara parsial/individual maupun secara serempak. Koefisien determinasi (R 2) yang diperoleh tidak terlau besar, sehingga hal tersebut mengindikasikan bahwa variabel-variabel di luar variabel independen di luar penelitian seperti faktor kelembagaan, promosi dan lain-lain sangat mempengaruhi tingkat poerkembangan PMA dan PMDN di wilayah Malang Raya.. Kemudian uji korelasi menyimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel DBH dan PMA & PMDN, meskipun tingkat inflasi dan DAU memiliki korelasi yang negatif terhadap PMA dan PMDN. Atas dasar tersebut, maka penelitian ini berkesimpulan bahwa memang terdapat pengaruh dari inflasi dan Dana Perimbangan terhadap tingkat investasi daerah di wilayah Malang Raya yang diwakili oleh variabel PMA dan PMDN.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/29/051000387
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Feb 2010 15:53
Last Modified: 24 Oct 2021 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104754
[thumbnail of 051000387.pdf]
Preview
Text
051000387.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item