Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Migrasi Ke Luar Negeri (Studi Kasus Pada Mantan TKI di Desa Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar).

FebryAdiSamudro (2009) Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Migrasi Ke Luar Negeri (Studi Kasus Pada Mantan TKI di Desa Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi migrasi Tenaga Kerja Indonesia khususnya di wilayah Kebonduren Kabupaten Blitar melakukan migrasi ke luar negeri. Selain itu penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengetahui variabel apakah yang paling dominan dalam mempengaruhi migrasi Tenaga Kerja Indonesia di Kebonduren Kabupaten Blitar. Penelitian ini dilakukan di desa Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Penelitian ini untuk mengetahui faktor-fakor yang mempengaruhi TKI asal Desa Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar lebih memilih bekerja ke luar negeri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei yaitu, penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Lokasi dalam penelitian ini adalah desa Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dari hasil penelitian pengaruh variabel upah signifikan menjelaskan bahwa semakin tinggi tingkat upah yang diberikan kepada TKI, maka akan semakin tinggi pula jumlah TKI yang bermigrasi ke luar negeri. Sedangkan indikator yang dominan yang mempengaruhi TKI yang bermigrasi ke luar negeri adalah kesesuaian upah yang terima selama menjadi TKI, sebagai pertimbangan para TKI untuk kembali lagi bekerja di luar negeri. Pengaruh variabel beban tanggungan adalah negatif, menjelaskan bahwa beban tanggungan yang ditinggalkan oleh TKI dalam bekerja di luar negeri di rasa masih kurang dipertimbangkan oleh TKI, hal ini dikarenakan beban tanggungan yang menjadi variabel dirasa para TKI masih kurang diperhatikan oleh para TKI. Sedangkan indikator yang mempengaruhi TKI yang bermigrasi ke luar negeri adalah tanggungan untuk keluarga sebagai pertimbangan para TKI untuk kembali lagi bekerja di luar negeri. Pengaruh variabel tingkat pendidikan signifikan, menjelaskan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan yang dimiliki oleh para TKI ternyata akan meningkatkan penghasilan atau upah yang diterima oleh para TKI dalam bekerja di luar negeri, Sedangkan indikator yang paling dominan adalah kesesuaian jenjang pendidikan sebagai pertimbangan para TKI untuk kembali lagi bekerja di luar negeri. Variabel yang sangat berpengaruh pada TKI yang bermigrasi ke luar negeri adalah variabel upah. Hal ini menjelaskan bahwa TKI dalam memilih untuk bekerja di luar negeri mempertimbangkan kesesuaian upah dan jumlah upah yang diterima oleh TKI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/22/051000380
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Feb 2010 11:23
Last Modified: 24 Oct 2021 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104747
[thumbnail of 051000380.pdf]
Preview
Text
051000380.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item