Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Batu Night Spectacular Kota Batu.

CintaNora (2010) Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Batu Night Spectacular Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini industri pariwisata di Indonesia merupakan sektor kegiatan perekonomian sebagai penghasil devisa terbesar kedua setelah minyak gas (migas). Industri pariwisata merupakan usaha dibidang jasa yang selalu berorientasi pada konsumen. Batu Night Spectacular Kota Batu sebagai ikon pariwisata di Jawa Timur yang terletak di Kota Batu adalah perusahaan jasa pariwisata yang selalu melakukan inovasi dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Peningkatan kualitas pelayanan tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan dimensi kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Batu Night Spectacular Kota Batu yang diukur dari dimensi kualitas pelayanan, yaitu tangible (berwujud), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (kepastian), empathy (perhatian) dan mengetahui dimensi kualitas pelayanan yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen Batu Night Spectacular Kota Batu. Diharapkan informasi yang diperoleh dapat digunakan oleh pihak manajemen Batu Night Spectacular untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen sehingga menjadi sumber keunggulan daya saing bagi perusahaan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah library research, Field Research (kuesioner dan wawancara). Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Batu Night Spectakuler Kota Batu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Purposive Sampling . Penentuan jumlah responden berdasarkan pendapat Roscoe yaitu sampel diambil lebih besar dari 30 dan lebih kecil dari 500 responden. Disamping itu, untuk penelitian multivariat (termasuk analisis regresi berganda) ukuran sampel sebaiknya beberapa kali (lebih disukai 10 kali atau lebih) lebih besar dari jumlah variabel dalam studi. Oleh karena itu, sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil pengujian regresi linear berganda menunjukkan bahwa dengan uji F diperoleh bahwa variabel dimensi kualitas pelayanan (X) secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Sedangkan pada pengujian dengan uji t dapat diketahui bahwa variabel tangible (berwujud), responsiveness (daya tanggap), assurance (kepastian) dan empathy (perhatian) secara parsial berpengaruh signifikan dengan kepuasan konsumen, sedangkan variabel reliability (keandalan) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Variabel dimensi kualitas pelayanan yang dominan mempengaruhi kepuasan konsumen adalah variabel tangible (berwujud) , dimana variabel tersebut memiliki nilai koefisien standardized (Beta) tertinggi dibandingkan dengan variabel independen lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/177/051001010
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Apr 2010 10:28
Last Modified: 24 Oct 2021 02:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104724
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item