Pengaruh Bantuan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Kota Blitar Terhadap Kualitas Produk Industri Kendang Sentul.

SheilaYuniarDamayanti (2010) Pengaruh Bantuan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Kota Blitar Terhadap Kualitas Produk Industri Kendang Sentul. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada masa persaingan bebas seperti saat ini, atribut kualitas yang melekat pada suatu produk sangat penting, karena hanya produk yang berkualitas yang mampu memenangkan persaingan. Kendang Sentul merupakan salah satu produk yang mampu menembus pasar global. Dibalik keberhasilan Kendang Sentul dalam menembus pasar global, muncul berbagai hambatan, antaralain keterbatasan bahan baku, minimnya desain yang ada, dan adanya pengakuan produk ini sebagai hasil karya daerah lain. Hambatan tersebut mendapat respon dari Pemerintah Kota Blitar melalui pemberian bantuan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Kota Blitar. Dalam usaha mengembangkan industri Kendang Sentul, khususnya dalam segi kualitas, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Kota Blitar memberikan bantuan kepada pengrajin, seperti bantuan pelatihan kualitas produksi, bantuan peralatan, dan bantuan pemberian mini showroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bantuan yang diberikan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Kota Blitar terhadap kualitas produk dan bantuan yang paling banyak dibutuhkan oleh pengrajin industri Kendang Sentul. Penelitian kualitatif ini menggunakan lima informan sebagai unit analisis. Berdasarkan kelima informan tersebut diketahui bahwa bantuan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Kota Blitar cukup mempengaruhi kualitas produk industri Kendang Sentul dan bantuan yang paling banyak dibutuhkan adalah bantuan pemasaran. Perkembangan industri Kendang Sentul tidak hanya berhenti pada pemberian bantuan ini, tetapi juga membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/175/051001008
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Apr 2010 10:00
Last Modified: 24 Oct 2021 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104722
[thumbnail of 051001008.pdf]
Preview
Text
051001008.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item