Kontribusi Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Terhadap Pendapatan Asli Daerah Jawa Timur (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Propinsi Jawa Timur).

MagistyoPurboyoPriambodo (2010) Kontribusi Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Terhadap Pendapatan Asli Daerah Jawa Timur (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Propinsi Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasari atas pentingnya pajak daerah sebagai sumber pendanaan bagi pemerintah daerah dalam era otonomi daerah untuk membiayai pembangunan dan kegiatan pemeintahan. Dimana penelitian dikhususkan pada Pajak Kendaraan Bermotor. Hal ini dikarenakan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor sebagai objek Pajak Kendaraan Bermotor yang akan meningkatkan penerimaan dari sektor pajak daerah dari tahun ke tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi yang diberikan oleh Pajak Kendaraan Bermotor terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah, serta laju pertumbuhan penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor selama periode penelitian 1999-2008 yang kemudian akan dideskripsikan tentang segala sesuatu yang memiliki keterkaitan. Penelitian ini juga untuk mengetahui berbagai upaya yang dilakukan pemerintah propinsi dalam usaha meningkatkan penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor, serta berbagai kendala yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Pendapatan Propinsi Jawa Timur dikarenakan instansi ini merupakan instrumen pemerintah Propinsi Jawa Timur dalam upaya meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah. Temuan dalam penelitian ini adalah Pajak Kendaraan Bermotor sebagai salah satu sumber penerimaan Pendapatan Asli Daerah di Jawa Timur memberikan kontribusi yang besar. Untuk laju pertumbuhan penerimaan Pajak Kendaraan bermotor, terjadi fluktuasi peningkatan dan penurunan yang cukup besar hal ini dipengaruhi faktor eksternal dan internal. Dalam usaha peningkatan penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor, dilakukan upaya intensifikasi dan ekstensifikasi untuk dapat mengatasi berbagai kendala yang terjadi dilapangan sesuai dengan perkembangan jaman dan teknologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/161/051000985
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Apr 2010 15:14
Last Modified: 23 Oct 2021 18:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104708
[thumbnail of 051000985-OK.pdf]
Preview
Text
051000985-OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item