Analisis Metode Pembukuan dan Penggunaan Norma Penghitungan Penghasilan Neto terhadap Penentuan Pajak Penghasilan Pasal 25 Perseorangan ( Study Kasua pada Maharani Embroidery Handycraft Malang)

AchsanAdzim (2010) Analisis Metode Pembukuan dan Penggunaan Norma Penghitungan Penghasilan Neto terhadap Penentuan Pajak Penghasilan Pasal 25 Perseorangan ( Study Kasua pada Maharani Embroidery Handycraft Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasari atas Pajak Penghasilan Pasal 25, yaitu tentang angsuran pajak tahun berjalan Angsuran Pajak Penghasilan Pasal 25 tersebut dapat dijadikan sebagai kredit pajak terhadap pajak yang terutang atas seluruh penghasilan wajib pajak pada akhir tahun pajak yang dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui apakah terdapat perbedaan antara metode norma penghitungan penghasilan neto dengan metode pembukuan dalam menghasilkan laba bersih. Penelitian ini dilakukan di Maharani Embroidery Handycraft Malang, tempat usaha yang bergerak di bidang kerajinan tangan ini mempunyai kendala dalam menentukan Pajak Penghasilan Pasal 25. Temuan dalam penelitian ini adalah perbedaan antara metode norma penghitungan penghasilan neto yang dilakukan Maharani Emnbroidery Handycraft dengan dengan menggunakan metode pembukuan dalam menghasilkan laba bersih, dan dengan menggunakan metode pembukuan laba bersih yang dihailan lebih besar Adapun temuan lain dalan penelitian ini adalah Bahwa pencatatan atas penghasilan bruto yang dilakukan oleh Maharani Emnbroidery Handycraft selama ini masih sangat sederhana dan kurang rapi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/160/051000984
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Apr 2010 15:07
Last Modified: 23 Oct 2021 18:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104707
[thumbnail of 051000984.pdf]
Preview
Text
051000984.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item