Efektivitas Pelaksanaan Program Telecenter sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Publik Bidang Pendidikan dan Perekonomian di Daerah Pedesaan.

DianAgustinaSartikaSari (2010) Efektivitas Pelaksanaan Program Telecenter sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Publik Bidang Pendidikan dan Perekonomian di Daerah Pedesaan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mayoritas penduduk Indonesia tinggal di daerah pedesaan dan kurang lebih separuhnya hidup di bawah garis kemiskinan. Meskipun Pemerintah sejak tahun 1990-an telah berupaya keras untuk mengurangi kemiskinan di daerah pedesaan, namun kemiskinan terus menyatu dengan masyarakatnya. Seolah-olah berbicara tentang pedesaan dan sebaliknya apabila berbicara tentang desa yang dibahas adalah masalah kemiskinan untuk peningkatan kesejahteraannya. Sebagai salah satu solusi penanganan masalah kemiskinan yang dapat segera direalisasikan antara lain ialah membangun basis informasi yang kegiatannya diawali melalui penyusunan sistem informasi dan perbaikan pelayanan publik bagi masyarakat khususnya di daerah pedesaan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menggambarkan dan menganalisis proses pelaksanaan program Telecenter di desa Kepuhrejo, (2) Mengetahui dan menganalisis efektivitas pelaksanaan program di bidang pendidikan dan perekonomian, (3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengambilan informan melalui teknik . Setting penelitian mengambil wilayah kantor Telecenter Kepuhrejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Telecenter merupakan program pelayanan bagi warga desa yang sangat membantu peningkatan kesejahteraan bagi warga desa terutama di bidang pendidikan dan perekonomian warga desa Kepuhrejo. Program-program yang dilaksanakan ternyata sangat memberikan peningkatan yang baik bagi pendidikan dan perekonomian warga desa. Desa Kepuhrejo yang semula merupakan desa dengan jumlah pengangguran dan putus sekolah yang tinggi di Kabupaten Tulungagung sekarang sudah mulai menurun jumlahnya dengan adanya program-program pembelajaran gratis yang diadakan telecenter, KPMD dan perangkat desa di aula kantor desa Kepuhrejo. Pelaksanaan program juga menemui berbagai faktor pendukung dan faktor penghambat dari masyarakat sekitar di desa Kepuhrejo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/159/051000983
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Apr 2010 14:58
Last Modified: 23 Oct 2021 18:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104705
[thumbnail of 051000983.pdf]
Preview
Text
051000983.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item