Analisis Mekanisme Penanganan Non-Performing Loan (NPL) Pada Kredit Umum Pedesaan (KUPEDES)(Studi Pada PT. BRI (Persero) Tbk Unit Kota II Cabang Ponorogo)

DebbyEkoPrasetyo (2010) Analisis Mekanisme Penanganan Non-Performing Loan (NPL) Pada Kredit Umum Pedesaan (KUPEDES)(Studi Pada PT. BRI (Persero) Tbk Unit Kota II Cabang Ponorogo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penentu angka Non Performing Loans tinggi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk Unit Kota II Ponorogo. Faktor ini dilihat dari dua sisi yaitu strategi apa yang diterapkan oleh manajemen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk Unit Kota II Ponorogo dan motif dibalik kesediaan nasabah membayar secara lancar. Untuk memperoleh tujuan diatas, peneliti menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat perilaku moral hazard dan adverse selection yang dilakukan oleh oknum pihak bank. Kenaikan NPL pada Unit Kota II ini disebabkan adanya ketidakmampuan dan kelalaian dalam tanggung jawabnya dari pejabat kredit dalam pengelolaan kredit mikronya. Dalam hal ini dikarenakan pejabat kredit tersebut dalam bertugas menganalisa calon nasabah tidak berpedoman pada pedoman dasar, dengan mengabaikan beberapa tahapan dalam penyeleksian calon nasabahnya. Tanpa melakukan penilaian calon debitur yang ketat sesuai dengan prosedur pemberian kupedes yang sehat. Sehingga pembuatan laporan data calon nasabah tidak sesuai dengan aspek 5C. Strategi yang diterapakan adalah Dengan melakukan strategi yang sesuai dengan prinsip pembinaan dan pengawasan kupedes BRI pada setiap pengawasan, pembinaan, dan pengelolaan kredit kupedes bermasalah terbukti mampu menekan laju NPL, seperti dengan melakukan berbagai terobosan salah satunya dengan memberikan Pengembalian Bunga Tepat Waktu (PBTW) terhadap nasabah yang lancar dalam melaksanakan pembayaran angsuran. Selain itu juga strategi selanjutnya pengawasan, pembinaan dan pengelolaan Kupedes bermasalah bahkan terobosan menciptakan NPL dengan cara meningkatkan outstanding realisasi kredit yang dibarengi dengan kerja pro aktif pejabat lini melakukan penagihan kredit bermasalah pada bulan berikut. Dan pastinya dibarengi dengan tetap melekatnya profesionalisme dan integritas tinggi pejabat BRI dalam mengelola portofolio untuk mengurangi tingkat kredit macetnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/156/051000956
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Mar 2010 12:17
Last Modified: 23 Oct 2021 18:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104702
[thumbnail of 051000956.pdf]
Preview
Text
051000956.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item