Analisis Variabel Variabel yang Mempengaruhi Minat Pensiunan untuk Bekerja (Studi pada Pensiunan di Wilayah Kelurahan Ketawanggede Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)

LailyRahmadianti (2010) Analisis Variabel Variabel yang Mempengaruhi Minat Pensiunan untuk Bekerja (Studi pada Pensiunan di Wilayah Kelurahan Ketawanggede Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel pendapatan, jumlah tanggungan keluarga, umur dan tingkat pendidikan terhadap minat pensiunan untuk bekerja baik secara simultan maupun secara parsial. Selain itu, tujuan lain yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap minat pensiunan untuk bekerja. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel bebas dan variabel terikat melalui pengujian hipotesa. Sampel penelitian ini adalah 30 orang responden yang berstatus pensiunan yang tinggal di wilayah Kelurahan Ketawanggede. Untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel bebas, yaitu pendapatan, jumlah tanggungan keluarga, umur dan tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap minat pensiunan untuk bekerja. Secara parsial, hanya variabel pendapatan dan jumlah tanggungan keluarga yang berpengaruh signifikan terhadap minat pensiunan untuk bekerja. Variabel umur dan tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan. Sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap minat pensiunan untuk bekerja adalah variabel pendapatan . Nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,258 . Angka ini menunjukkan minat pensiunan untuk bekerja yang dipengaruhi oleh variabel pendapatan, jumlah tanggungan keluarga, umur dan tingkat pendidikan sebesar 25,8 % sedangkan sisanya sebesar 74.2% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel tersebut. Variabel lain ini misalnya jenis kelamin, kondisi kesehatan, larangan dari anggota keluarga dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/141/051000850
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Mar 2010 19:04
Last Modified: 23 Oct 2021 18:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104687
[thumbnail of 051000850.pdf]
Preview
Text
051000850.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item