Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Klaimen Asuransi pada PT Jasa Raharja (Persero) (Studi Kasus pada Korban Kecelakaan Lalu Lintas Asuransi Jasa Raharja Probolinggo)

LuckyImaniarSantoso (2010) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Klaimen Asuransi pada PT Jasa Raharja (Persero) (Studi Kasus pada Korban Kecelakaan Lalu Lintas Asuransi Jasa Raharja Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian mengenai kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan klaimen asuransi pada PT Jasa Raharja (Persero) dilakukan untuk mengetahui pengaruh Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy terhadap kepuasan klaimen PT Jasa Raharja (Persero). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research . Dalam penelitian ini digunakan skala Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah klaimen korban kecelakaan lalu lintas asuransi Jasa Raharja Probolinggo dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 83 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Convenience sampling atau Accidental Sampling. Metode Pengambilan Sampel yang digunakan adalah probabilitas. Data diambil dengan menggunakan kuesioner. Dari penelitian yang telah dilakukan. Didapatkan hasil sebagai berikut : 1) Variabel kualitas pelayanan ( Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy ) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan klaimen PT Jasa Raharja (Persero). 2) Variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan klaimen PT Jasa Raharja (Persero) yaitu Tangibles sebesar 2,835, Reliability sebesar 2,354, Responsiveness sebesar 3,120 Assurance sebesar 3,704 dan Empathy sebesar 2,026. 3) Variabel Responsiveness memiliki pengaruh yang dominan terhadap kepuasan klaimen PT Jasa Raharja (Persero). Hal ini menunjukkan bahwa Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy merupakan satu kesatuan dalam kualitas pelayanan jasa. Sehingga kualitas pelayanan jasa tersebut mampu mempengaruhi kepuasan klaimen PT Jasa Raharja (Persero).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/138/051000847
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Mar 2010 17:34
Last Modified: 23 Oct 2021 18:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104684
[thumbnail of 051000847.pdf]
Preview
Text
051000847.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item