Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap skeptisme profesional Auditor (Studi pada Auditor di Kantor Akuntan Publik Wilayah Malang dan Surabaya)

DessyLarimbi (2010) Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap skeptisme profesional Auditor (Studi pada Auditor di Kantor Akuntan Publik Wilayah Malang dan Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kepercayaan ( Trust ), Penangguhan penilaian ( Suspension of Judgment ), Pengalaman auditor dalam menangani kecurangan ( fraud ), dan Pengendalian internal klien ( Client Internal Control ) terhadap Skeptisme Profesional Auditor. Sampel dalam penelitian ini adalah 95 orang auditor independen (akuntan publik) individu yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) di wilayah Malang dan Surabaya, dan dipilih dengan metode acak berdasarkan strata ( stratified random sampling ). Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi linear berganda ( multiple regression ). Dari hasil pengujian hipotesis, diketahui bahwa Kepercayaan ( Trust ), Penangguhan penilaian ( Suspension of Judgment ), Pengalaman auditor dalam menangani kecurangan ( fraud ), dan Pengendalian internal klien ( Client Internal Control ) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Skeptisme profesional auditor, baik secara bersama-sama (simultan) maupun secara individual (parsial). Hasil analisis regresi yang diperoleh juga berhasil membuktikan bahwa pengaruh keempat faktor tersebut terhadap Skeptisme profesional auditor adalah kuat. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor Pengalaman auditor dalam menangani kecurangan ( fraud ) memberikan kontribusi pengaruh paling dominan terhadap Skeptisme profesional auditor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/135/051000844
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Mar 2010 10:33
Last Modified: 23 Oct 2021 18:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104681
[thumbnail of 051000844.pdf]
Preview
Text
051000844.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item