Perumusan Strategi pada PT. Pos Indonesia (persero) Sidoarjo

KiAgusWiranggaWirasentik (2010) Perumusan Strategi pada PT. Pos Indonesia (persero) Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teori manajemen strategi dan menjabarkan perumusan strategi untuk mengetahui alternatif strategi yang tepat bagi perusahaan di bidang jasa pelayanan masyarakat untuk dapat bersaing dan bertahan di bidangnya. Peneliti melakukan penelitian pada perusahaan PT. Pos Indonesia (persero) Sidoarjo. PT. Pos Indonesia (persero) Sidoarjo merupakan perusahaan pemerintah bekerjasama dengan swasta yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan masyarakat yang produk utamanya adalah memberikan jasa pelayanan pengiriman paket dan surat. Ditengah persaingan industrinya perusahaan seharusnya mampu untuk menetapkan strategi perusahaan yang tepat sehingga dapat mempertahankan atau bahkan berkembang. Permasalahan yang coba diangkat dalam penelitian ini adalah “faktorfaktor lingkungan apakah yang mempengaruhi perusahaan beroperasi dalam rangka menentukan strategi yang tepat bagi perusahaan sesuai dengan lingkungan bisnis PT. Pos Indonesia (persero) Sidoarjo?” berdasarkan rumusan masalah yang ada, maka tujuan yang hendak dicapai adalah mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal untuk merumuskan strategi yang tepat bagi perusahaan di masa yang akan datang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis EFE, IFE, SWOT, IE, dan untuk menentukan pilihan strategi berdasarkan alternatif strategi yang didapat maka digunakan alat analisis QSPM. Hasil dari analisis QSPM menunjukkan nilai masing-masing total atractive score (TAS) dari strategi penetrasi pasar sebesar 6,30 dan pada strategi pengembangan pasar sebesar 6,40, sedangkan untuk strategi pengembangan produk sebesar 6,80. Maka strategi yang menjadi prioritas dan pilihan utama bagi PT. Pos Indonesia (persero) Sidoarjo adalah dengan nilai TAS tertinggi yaitu pengembangan produk ( product development ). Berdasarkan dari analisis yang dilakukan, didapat berbagai strategi alternatif diantaranya strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan produk, dan strategi pengembangan pasar. Dari ketiga alternatif ini ditetapkan strategi yang paling tepat bagi perusahaan yaitu strategi pengembangan produk, yang bertujuan agar perusahaan dapat meningkatkan penjualan dengan cara meningkatkan atau memodifikasi produk atau layanan yang ada sekarang. Melalui strategi ini diharapkan PT. Pos Indonesia (persero) Sidoarjo mampu mempertahankan atau memperkuat posisinya dalam persaingan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/11/051000212
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Feb 2010 10:41
Last Modified: 23 Oct 2021 18:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104655
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IIa.pdf]
Preview
Text
BAB_IIa.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IIb.pdf]
Preview
Text
BAB_IIb.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISINEW.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISINEW.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item