Pengaruh Pesan Iklan di Televisi, Pengenalan Merek, Sikap, dan Keyakinan Konsumen Terhadap Niat Beli Kartu GSM (Studi di Perumahan Pondok Alam Sigura-gura Kota Malang)”

RatihTriHediyanti (2009) Pengaruh Pesan Iklan di Televisi, Pengenalan Merek, Sikap, dan Keyakinan Konsumen Terhadap Niat Beli Kartu GSM (Studi di Perumahan Pondok Alam Sigura-gura Kota Malang)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu model yang dapat digunakan untuk mengukur efektifitas iklan adalah consumer decision model . Alur dari model tersebut diawali dari konsumen yang menerima informasi (pesan iklan) , kemudian dari informasi tersebut dapat menyebabkan kemungkinan pengaruh yang dimulai dengan pengenalan merek oleh konsumen. Kemudian dievaluasi apakah pengenalan tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya yang mana kesesuaian tersebut akan membentuk sikap dan selanjutnya dapat menciptakan dan menambah ke dalam pikirannya sebagai tingkat keyakinan yang menunjukkan penilaian terhadap merek yang bersangkutan memuaskan atau tidak. Pengenalan merek mempunyai sumbangan terhadap sikap dan keyakinan konsumen terhadap merek yang ditawarkan yang kesemuanya itu diharapkan mampu menimbulkan niat beli dari konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pesan iklan, pengenalan merek, keyakinan konsumen, dan sikap konsumen secara simultan dan parsial terhadap niat beli kartu GSM. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pesan iklan, pengenalan merek, sikap, dan keyakinan konsumen terhadap niat beli kartu GSM. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa niat beli kartu GSM pada konsumen sangat bergantung kepada baik buruknya produsen GSM mengkonsepsi pesan iklan di televisi, memperkenalkan merek secara kontinyu, membentuk sikap yang positif pada diri konsumen, dan meningkatkan keyakinan konsumen untuk memilih atau tetap memilih produk yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/98/050900689
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Mar 2009 15:00
Last Modified: 23 Oct 2021 18:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104641
[thumbnail of 050900689.pdf]
Preview
Text
050900689.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item