“Analisis Sistem Informasi Dan Desain Software Akuntansi Siklus Penghasilan Kafe Dengan Menggunakan Database Microsoft SQL Server 2000 Dan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0 : Studi Kasus Pada Gard

HidriSukmawardhana (2009) “Analisis Sistem Informasi Dan Desain Software Akuntansi Siklus Penghasilan Kafe Dengan Menggunakan Database Microsoft SQL Server 2000 Dan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0 : Studi Kasus Pada Gard. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem informasi akuntansi (SIA) yang dapat diandalkan adalah SIA yang dapat menyediakan informasi-informasi yang diperlukan oleh pihak internal dan eksternal perusahaan. Sistem dan prosedur yang tepat serta sistem pengelolaan database yang baik akan menunjang penyediaan informasi yang berkualitas. Pada siklus penghasilan kafe Rumah Sakit Yasmin, pengelolaan database telah berbasis komputer sehingga dibutuhkan perhatian tidak hanya pada sistem dan prosedur penghasilan kafe, namun juga pada program aplikasi yang digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jadi, penelitian ini lebih bersifat penjelasan terhadap situasi dan keadaan yang ada, menganalisanya serta memberikan saran perubahan terhadap permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran penerapan sistem penghasilan kafe Rumah Sakit Yasmin yang diperoleh melalui wawancara, pengumpulan dokumen, dan pengamatan. Gambaran ini kemudian dievaluasi dan dilakukan analisis dan kemudian dirancang perangkat lunak Database Management System (DBMS) sistem penghasilan yang dapat digunakan di dalam operasional Rumah Sakit Yasmin. Berdasarkan hasil analisis, Rumah Sakit Yasmin masih memiliki kelemahan dalam sistem dan prosedur yang dijalankan dan dalam penggunaan teknologi informasi berbasis komputer. Kelemahan tersebut memerlukan perubahan sehingga akan memberi nilai tambah bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/94/050900685
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Mar 2009 09:03
Last Modified: 23 Oct 2021 17:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104637
[thumbnail of 050900685.pdf]
Preview
Text
050900685.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item